Makanan Sumber Kalsium Tinggi dan Fungsi Kalsium

Siapa yang tak kenal dengan kalsium? Nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi dari terjadinya kelemahan pada struktur penyusunnya. Bagi orang awam tentu mengira bahwa satu-satunya fungsi kalsium untuk itu tadi dan sumbernya hanya berasal dari susu. Sebenarnya masih ada top makanan penyedia kalsium seperti brokoli, ikan sarden dan kacang almond.

Makanan Yang Menjadi Sumber Kalsium


Makanan Sumber Kalsium Tinggi
Pada awal paragraf sudah disebutkan beberapa makanan dan minuman sumber kalsium selain susu. Sekarang, saya akan menginfokan pada Anda lebih jelas seputar sumber kalsium, berikut ini beberapa diantaranya:

Ikan sarden

Ikan sarden ini biasa kita temui dalam bentuk kalengan yang biasa dimasak oleh ibu kita bersama dengan kangkung. Selain rasanya yang lezat, ternyata ikan ini merupakan sumber kalsium lho. Kebutuhan gizi harian Anda akan terpenuhi 33% jika mengonsumsi ikan olahan ini.

Kacang Almond

Pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kacang almond menjadi sumber vitamin E, namun beberapa nutrisi lain juga tersimpan dalam tanaman ini, yaps itu adalah kalsium. Kacang almond menyuplai kalsium untuk tubuh sebanyak 70-80 mg.

Oatmeal

Sereal sehat ini sangat cocok dijadikan sarapan. Selain tinggi karbohidrat, oatmeal juga kaya akan nutrisi berupa kalsium. 105 mg kalsium terdapat pada satu mangkuk oatmeal. Jadi, jika Anda rutin sarapan dengan oatmeal, tubuh akan lebih semangat untuk bergerak karena menyimpan energi dari karbohidrat dan menguatkan tulang untuk mengangkat beban berat bagi Anda yang bekerja di proyek-proyek bangunan.

Jeruk

Dimulai dari kulit hingga dagingnya memiliki manfaat masing-masing. Pada kulitnya bisa Anda olah untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit dan membuatnya jadi lebih segar. Sedangkan dagingnya yang empuk sangat cocok dijadikan jus. Kembali membahas tentang kalsium, jeruk juga menjadi penyuplainya. Terdapat 60 mg kalsium di setiap 1 buah jeruk ukuran normal.

Kale

Sayuran dari keluarga Brassica ini bersepupu dengan brokoli. Secangkir kale memiliki 90 mg kalsium, yang artinya 3,5 cangkir kale akan lebih bermanfaat ketimbang satu gelas susu.

Fungsi Kalsium Bagi Kesehatan Tubuh


Seperti dilansir dari laman She Knows berikut ini peranan lain kalsium yang sebenarnya ada beberapa kaitannya dengan tulang:

Mencegah osteoporosis

Sudah pasti, karena kalsium menjadi nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tulang agar tidak mudah keropos dan gigi tetap kuat, Anda wajib mengonsumsi makanan atau minuman yang menjadi sumber kalsium untuk tubuh agar menjauh dari risiko terkena osteoporosis.

Melangsingkan tubuh

Yeay! Kabar baik untuk Anda yang sedang memiliki problem klasik seperti kegendutan akibat tumpukan atau timbunan lemak dalam perut yang membuat Anda menjadi tak bebas untuk bergerak dan bergerak akibat permukaan kulit (khususnya bagian perut) yang bergelambir. Kalsium disini mempunyai efek tertentu terhadap metabolisme tubuh (mengoptimalkan proses pembakaran lemak dibanding menyimpannya) sehingga sering juga dikombinasikan kedalam obat pelangsing yang sudah terbukti khasiatnya.

Mengatasi nyeri haid

Bagi wanita, memperbanyak konsumsi susu (sumber kalsium) ketika haid adalah cara jitu untuk mengurangi rasa nyeri pada perut. Namun jika rasa nyeri di bagian perut Anda tak kunjung membaik, segera larikan ke rumah sakit agar mendapat penanganan lebih pasti.

Mencegah kanker

Ternyata kalsium juga mampu melawan kanker usus besar, ovarium dan payudara disamping fungsi antioksidan yang sama-sama berperan untuk mencegah jenis kanker tersebut dalam tubuh.

Menyehatkan jantung

Pemenuhan gizi harian berupa kalsium sangat baik untuk menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Namun, jika terlalu berlebihan malah mengakibatkan kerusakan jantung, jadi pastikan Anda memenuhinya dengan takaran yang CUKUP.

Demikian ulasan singkat mengenai sumber kalsium selain susu serta peranan atau fungsi kalsium dalam tubuh. Semoga Anda lebih termotivasi untuk hidup sehat setelah membaca artikel seputar kalsium ini.