5 Obat Sariawan yang Enak dan Sangat Ampuh

Sariawan bukan sebuah penyakit serius yang harus disembuhkan dengan cara ke dokter. Sariawan adalah gangguan kesehatan pada mulut yang terjadi akibat tubuh mengalami difisiensi vitamin C dan air putih. Pada umumnya, sariawan berada pada satu titik, tetapi terkadang juga ada yang menyebar baik di bibir ataupun di lidah.

Jika dibiarkan pun sebetulnya sariawan bisa sembuh dengan sendirinya, namun proses pemulihan secara alami cukup memakan waktu. Jika terlalu lama membiarkan sariawan berada di area mulut, keinginan untuk makan akan berkurang, bukan karena hilangnya hawa nafsu, tetapi rasa sakit yang timbul jika makanan menyentuh sariawan.

Penyebab Sariawan


Sampai sekarang, penyebab pasti sariawan belum bisa dipastikan secara medis, namun ada beberapa faktor risiko yang berpotensi menyebabkan sariawan.

# Trauma
Trauma bukan penyebab utama sariawan, tetapi hanya sebagai faktor yang berhubungan dengan berkembangnya sariawan pada penderita, tetapi trauma hanya faktor pendukung yang dapat dipertimbangkan keberadaannya.

# Alergi dan sensitivitas
Alergi merupakan kondisi dimana tubuh menolak terhadap alergen tertentu atau disebut dengan hipersensitifitas. Sariawan bisa terjadi karena mulut sensitif terhadap beberapa bahan pokok yang terkandung dalam pasta gigi, obat kumur, lipstik, bahan gigi palsu, permen karet dan bahan makanan.

# Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan anti-inflamatori, beta blockers, agen kemotrapi dan nicorandil menjadikan seseorang berada pada tingkat tertinggi pada risiko menderita sariawan.

# Panas Dalam
Mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan sariawan. Hal ini dikarenakan makanan pedas tersebut dapat memicu meningkatnya suhu dalam tubuh. Panas tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan sariawan.

Obat Sariawan Tradisional

Sariawan
Sariawan

Jika Anda menderita sariawan perlu melakukan langkah penanangan yang direkomendasikan oleh dokter. Secara medis dokter menyarankan penderita untuk menggunakan obat kumur yang mengandung benzokain dan lidokain yang kental untuk meringankan rasa sakit sementara.

Pengobatan dengan cara herbal juga bisa Anda lakukan. Manfaatnya pertama membuat kantong Anda tidak jebol dan tidak menimbulkan efek samping seperti penggunaan obat kumur. Berikut ini panduan membuat obat sariawan secara tradisional menggunakan tanaman obat.

Ramuan pertama

Bahan - bahan;
  • 15 gram tanaman adas
  • 15 gram daun sembung
  • 10 gram kunyit
  • 15 gram daun saga manis
  • 10 gram kayu manis, dan
  • 4 gelas air

Peracikan bahan menjadi ramuan penghilang sariawan:
  1. Tumbuk tanaman adas dan kayu manis hingga setengah halus.
  2. Iris tipis kunyit menggunakan pisau atau alat pemotong lain.
  3. Semua bahan yang telah diolah tersebut dicampur, kemudian masukkan kedalam panci bersama 4 gelas air, rebus.
  4. Tunggu sampai air tersisa setengahnya atau 2 gelas.
  5. Minum sehari 2 kali, lakukan secara teratur hingga 7 hari.


Ramuan kedua

Bahan - bahan:
  • 1 buah alpukat matang
  • 2 sendok makan madu murni

Cara membuat obat:
  • Belah alpukat lalu keruk dagingnya menggunakan alat pengeruk buah.
  • Masukkan pada wadah, lalu campurkan dengan 2 sendok makan madu murni.
  • Aduk rata, kemudian makan pasta atau krim tersebut 3 kali sehari.


Ramuan ketiga

Bahan - bahan:
250 gram kulit anyang-anyang
2 gelas anggur

Cara meracik obat sariawan:
  1. Rebus kulit anyang-anyang kedalam panci yang telah dimasukkan 2 gelas anggur.
  2. Biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas banyaknya.
  3. Tunggu hangat, lalu gunakan untuk berkumur sampai airnya habis.


Ramuan keempat

Bahan - bahan:
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 2 gelas air panas

Pembuatan obat untuk menyembuhkan sariawan:
  1. Siapkan 2 gelas air panas, kemudian masukkan 2 sendok makan asam jawa ke dalamnya.
  2. Tunggu beberapa menit agar asam jawa menyalurkan kandungannya pada air dalam gelas tersebut.
  3. Gunakan untuk berkumur, lakukan rutin sehari minimal 2 kali.

Tanaman yang dijadikan obat sariawan tersebut memang agak sulit untuk ditemukan. Tetapi bukan tradisional jika bahan pembuat obatnya tersebar di seluruh Indonesia, khususnya daerah perkotaan. Bagi orang pedalaman pasti sudah mengenal tentang cara mengobati sariawan dengan bahan herbal tersebut, karena sudah terbukti ampuh menghilangkan sariawan.

Makanan untuk Menyembuhkan Sariawan

Sariawan
Sariawan
Tapi jika Anda terkena penyakit sariawan, jangan khawatir, berikut ini ada beberapa obat sariawan yang enak untuk dikonsumsi nampun ampuh mengobati penyakit tersebut.

1. Makanan yang mengandung Vitamin B
Kekurangan vitamin B tak hanya menyebabkan mulut bermasalah, tetapi juga memicu anemia dan depresi. Untuk memperolehnya vitamin B, Anda dapat konsumsi tiram, telur ikan, susu kedelai, dan susu beras secara rutin.

2. Makanan yang mengandung Zat besi
Zat besi tidak hanya menyembuhkan sariawan, tetapi juga memperkuat tulang dan otot. Untuk tetap fit dan sehat, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi bayam, daging sapi, hati ayam, wijen dan sereal.

3. Makanan yang mengandung Asam folat
Untuk menghindari sariawan atau luka mulut yang berulang, Anda harus membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau gelap, seperti bayam, asparagus, kacang polong, lobak dan kacang-kacangan.

4. Air kelapa
Meski bukan salah satu jenis makanan, air kelapa adalah obat ampuh yang dapat menyembuhkan luka pada mulut. Banyak minum air kelapa juga dapat meredakan peradangan dan mencegah sariawan.

5. Buah-buahan
Jeruk, pisang dan nanas merupakan makanan sehat yang dapat menyembuhkan sariawan di mulut. Buah-buahan ini dapat membantu karena dapat meningkatkan metabolisme, anti-inflamasi dan kaya vitamin Chttp://kesehatan.gen22.net/2012/10/sumber-vitamin-c.html. Jika Anda memiliki masalah serius dengan sariawan, konsumsilah buah-buahan ini.

Oke, itulah beberapa ramuan tradisional untuk mengobati sariawan yang cukup ampuh. Selamat mencoba dan jagalah selalu kesehatan Anda.