Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Bau Mulut
Penyebab bau mulut dan cara mengatasi bau mulut tak sedap - Memiliki bau mulut tak sedap jelas membuat seseorang minder dalam pergaulan. Bagaimana tidak, kalau semua lawan bicara menutup hidup dan memalingkan muka. Rasanya itu kayak tidak dianggap.

Nah, saya akan memberikan penjelasan singkat seputar bau mulut. Bau mulut atau istilah kedokteran giginya adalah halitosis merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut. Komponen utama bakteri yang menyebabkan bau mulut adalah hidrogen sulfida dan merkaptan.

Penyebab bau mulut


1. Adanya penyakit jaringan pendukung gigi

2. Aliran air ludahnya kurang

3. Tambalan yang tidak tepat

4. Kumpulan bakteri yang berlebihan di lidah

5. Gigi tiruan yang tidak bersih

6. Sisa makanan yang terdapat di saku gusi

7. Adanya penyakit sistemik

8. Konsumsi obat tertentu

9. Gangguan pencernaan

Cara Mencegah Bau Mulut


1. Melakukan penyikatan gigi dengan teknik yang tepat dan optimal dengan pasta gigi ber-fluor, serta melakukan penyikatan lidah.

2. Menggunakan agen antibakteri untuk rongga mulut, yaitu obat kumur klorheksidin (namun tidak boleh digunakan dalam waktu yang panjang secara terus-menerus).

3. Merangsang aliran air ludah dengan cara banyak makan buah yang berserat dan sayuran hijau, banyak mengkonsumsi air mineral, atau dapat menggunakan obat kumur baking soda.

4. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis diantara waktu makan utama, untuk mencegah terjadinya gigi berlubang yang dapat menimbulkan bau mulut.

5. Rutin melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi di Dokter Gigi.

6. Memperbaiki tambalan gigi yang tidak baik di Dokter Gigi.

7. Mengurangi kebiasaan buruk, misalnya merokok.

8. Jika anda memiliki penyakit sistemik tertentu atau penyakit gangguan pencernaan, sebaiknya segera konsultasikan ke Dokter Spesialis yang berkompeten, untuk segera dilakukan perawatan.

Nah, itulah beberapa penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Untuk itu jagalah selalu kesehatan anda.