Makanan Sumber Vitamin B5 (Asam Pantothenic) dan Fungsinya

Vitamin B5 atau lebih dikenal dengan sapaan Asam Pantotenat masih menjadi anggota keluarga dari vitamin B kompleks yang memegang peranan penting untuk merubah karbohidrat menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Selain menciptakan energi, vitamin B5 juga membantu proses pemulihan luka, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengoptimalkan fungsi vitamin A dalam menjaga kesehatan mata.

Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, diantaranya kelelahan, rambut beruban dan rontok, jerawat, meningkatkan resiko infeksi, dan depresi. Jika dosis vitamin B5 yang terlalu tinggi masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami mual, diare, dan sensitivitas pada gigi. Namun kelebihan vitamin B5 ini biasanya disertai dengan kelebihan vitamin B lainnya atau disebut kelebihan vitamin B kompleks.

Makanan yang menjadi sumber vitamin B5


Vitamin B5
Terdapat berbagai jenis makanan semacam buah, sayuran dan unggas yang mengandung vitamin B5. Berikut ini daftar makanan yang menjadi sumber vitamin B5 yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh:

1. Buah alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang mengantongi banyak khasiat dan hal ini berbanding lurus dengan kandungan nutrisinya, seperti vitamin B3. Takaran gizi berupa vitamin B5 per 100 gram buah alpukat adalah sebanyak 2.792 mcg. Jumlah vitamin B5 yang cukup banyak dibanding buah-buahan lainnya.

2. Brokoli

Sayuran ini menjadi favorit para vegetarian. Sayuran ini mengandung vitamin B5 dan banyak mineral. Setidaknya dalam setengah cangkir brokoli yang dimasak tertanam sekitar 0.48 mcg vitamin B5. Jumlah yang terbilang cukup banyak jika dalam sehari Anda konsumsi 3 kali per setengah cangkir ukuran yang dimasak.

3. Buah pisang

Buah yang menjadi favorit monyet ini juga layak kita konsumsi jika ingin memenuhi kebutuhan gizi berupa vitamin B5. Selain niasin, pisang juga menjadi sumber kalium, nitrogen dan fosfor yang kesemua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan. Dalam satu buah pisang ukuran medium menyimpan vitamin B5 sebanyak 0.394 mcg.

4. Biji bunga matahari

Sayuran ini sangat disukai oleh hamster, jadi jika Anda suka dengan film kartun pasti dulu sering melihat film kartun yang berjudul “Hamtaro”. Pada lagu pembuka film kita sering mendengar “... Hamtaro, lari dimana saja. Apa yang paling dia sukai... Biji bunga matahari!”. Jadi sayuran ini juga identik dengan hamster. Per satu ons biji bunga matahari kering mengandung vitamin B5 sebanyak 1.996 mcg.

5. Ikan salmon

Ikan salmon sangat terkenal karena kandungan lemak omega 3 nya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, salmon juga menjadi salah satu ikan yang menyimpan sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan vitamin B5.

Fungsi dan peranan vitamin B5 bagi tubuh


Ada beberapa manfaat dari vitamin B5, yang pasti untuk memenuhi kebutuhan gizi demi menunjang kesehatan tubuh kita.

Berikut ini peranan atau fungsi penting vitamin B5 bagi kesehatan tubuh:

1. Mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah

Jika Anda penggemar gorengan tak heran jika Anda mempunyai kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh apabila melakukan pemeriksaan. Sebab makanan berlemak serta olahraga (yang jelas pola hidup tak sehat) bisa meningkatkan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Untuk menurunkan keduanya Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 tinggi seperti alpukat dan seledri misalnya.

2. Merangsang pertumbuhan rambut

Kabar baik bagi Anda yang mengalami masalah kebotakan. Tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk merubah hidup menjadi konsumtif dengan membeli produk penumbuh rambut dengan harga yang menjulang tinggi. Cukup konsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 melimpah sudah bisa merangsang pertumbuhan rambut.

3. Kesehatan kulit

Vitamin B5 atau niasin juga identik dengan kesehatan kulit. Kombinasi antara vitamin B5, vitamin C dan vitamin E memberi efek maksimal terhadap kesehatan kulit.

4. Mencegah dan mengobati jerawat

Polusi dan kebiasaan hidup tak sehat bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan makanan yang mengandung niasin untuk mengobatinya.

Tubuh sangat butuh nutrisi agar kesehatannya tetap terpelihara. Untuk itu, Anda bisa melengkapi kebutuhan gizi harian dengan minum suplemen yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan gizi berupa vitamin B5.