Makanan Sumber Vitamin B7 (Biotin) dan Fungsi Vitamin B7

Masih membahas seputar keluarga yang dipimpin oleh vitamin B kompleks, vitamin B7 adalah topik pembahasan kita kali ini.

Vitamin B7 mendapat sapaan lain sebagai biotin, yakni senyawa kimia berupa vitamin yang sifatnya mudah larut dalam air dan bukan lemak, juga sering diucap sebagai vitamin H. Vitamin yang satu ini mempunyai sebuah peranan penting dalam tubuh, yaitu mengoptimalkan aktivitas atau reaksi biokimia seperti transfer karbondioksida, metabolisme karbohidrat dan lemak. Vitamin B7 memiliki keunikan tersendiri dibanding jenis vitamin lainnya, yaitu tahan terhadap cuaca yang panas, terpaan sinar matahari dan oksigen.

Dalam membantu memetabolisme lemak, protein dan karbohidrat untuk membtnuk molekul glukosa, asam lemak dan asam amino membutuhkan reaksi katabolisme, yaitu reaksi pemecahan senyawa kompleks menjadi banyak molekul sederhana yang disertai dengan pelepasan energi. Senyawa kompleks yang telah lebur tadi akan dipakai tubuh untuk mesintesa sel-sel baru.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B7


Vitamin B7
Sama halnya dengan turunan vitamin B kompleks lainnya, vitamin B7 (biotin) juga memiliki sumber yang asalnya dari makanan. Berikut ini beberapa makanan yang merupakan sumber dari vitamin B7:

1. Wortel

Makanan yang menjadi sumber vitamin B7 pertama ini asalnya dari tumbuhan (nabati). Sebagai salah satu makanan favorit kelinci bergigi putih dan kuat ini merupakan sayuran yang menyimpan sekitar 10.6 mcg biotin setiap satu cangkir wortel. Sayuran lain yang menemani wortel sebagai jajaran sayuran yang menyimpan vitamin B7 cukup banyak adalah dari kalangan sayuran hijau, seperti selada dan bayam.

2. Roti gandum

Roti yang kaya akan karbohidrat kompleks ini sangat cocok dijadikan menu sarapan setiap hari, hitung-hitung untuk mengganjal perut. Roti yang dibuat dari bahan dasar gandum ini juga salah satu sumber vitamin B7. Terdapat sekitar 0.2 sampai 6 mcg biotin setiap irisan roti gandung, yang mempengaruhinya adalah merek.

3. Ikan salmon dan ikan halibut

Kedua ikan ini mewakili beberapa ikan lain yang juga mengandung vitamin B, khususnya vitamin B7. Sebanyak 4 sampai 5 mcg biotin tersimpan dalam 3 ons ikan salmon dan ikan halibut.

4. Keju

Makanan yang menjadi cemilan favorit lidah orang Eropa dan Amerika ini juga salah satu sumber utama biotin. Begitu banyak manfaat yang diwariskan oleh keju untuk kesehatan tubuh. Kandungan biotinnya adalah 0.4 sampai 2 mcg setiap satu ons keju cheddar.

5. Susu kambing dan sapi

Susu sapi dan kambing segar yang langsung kita ambil dari peternakannya memiliki kandungan vitamin B7 original. Didalamnya juga terdapat kalsium yang mampu memelihara kesehatan tulang dari berbagai gangguan.

Fungsi Vitamin B7 Bagi Tubuh


Seperti yang dikatan sebelumnya, vitamin B kompleks dalam tubuh mendapat lakon untuk memetabolisme karbohidrat, lemak dan protein melalui proses kimiawi. Selain berfungsi sebagai metabolisme, bioting juga memegang peranan lain dalam tubuh, berikut contohnya:

Merawat kesehatan kulit dan rambut

Berbagai krim yang memiliki kandungan vitamin B7 saat ini mampu membantu kulit untuk merevitalisasi hilangnya warna kulit akibat polusi dan menjaga kesehatan rambut dari berbagai masalah seperti kulit kepala kering dan rambut rontok. Jika Anda mengalaminya, bisa jadi Anda kekurangan vitamin B7.

Memelihara jaringan otot

Beda halnya dengan krim dengan kandungan vitamin B7 yang melindungi kulit dari luar. Untuk fungsi internal, salah satu peran biotin adalah memulihkan jaringan otot yang mengalami kerusakan. Seiring dengan pertumbuhan sumsum tulang, vitamin ini juga menjamin berfungsinya sistem saraf.

Membakar lemak

Berita baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Masukkan beberapa makanan yang mengandung vitamin B7 ke dalam menu diet Anda, sebab biotin juga membantu tubuh untuk mengikis kelebihan lemak dalam tubuh dan mengontrolnya agar tetap stabil jumlahnya.

Pentingnya merawat tubuh agar terhindari dari berbagai penyakit membuat Anda tak boleh tinggal diam. Penuhi kebutuhan gizi harian Anda agar hidup Anda sehat dan sejahtera, termasuk vitamin B7 ini. Jika kekurangan biotin, biasanya tubuh akan memberi sinyal yang menotifikasi Anda kekurangan asupan gizi berupa vitamin B7 seperti kelelahan, depresi, nyeri otot dan sendi, kerontokan rambut, dst.