Sumber Vitamin E (Tokoferol) dan Fungsi Vitamin E

Vitamin E memiliki nama lain tokoferol, yaitu jenis vitamin yang secara kimia mudah larut dalam lemak tubuh sehingga membuat tubuh lebih sehat jika asupan vitamin E hariannya terpenuhi setiap hari. Salah satu contoh peranan vitamin E dalam tubuh adalah memberi perlindungan terhadap sistem imun tubuh agar tak mudah terinfeksi toksin seperti polusi udara, sindrom pramenstruasi, katarak, penyakit pada sistem saraf dan diabetes.

Sebuah kondisi yang mengindikasikan tubuh kekurangan vitamin E diantaranya menimbulkan beberapa gejala seperti berikut:
  • Libido rendah
  • Kulit kering dan kusam
  • Bayi lahir prematur dengan berat yang dibawah normal dan rentan terhadap anemia
  • Otak sulit berkonsentrasi
  • Dapat menyebabkan mata minus
  • Membuat seseorang berisiko terserang penyakit jantung dan kanker

Jika tubuh diasup oleh vitamin E dalam jumlah yang berlebih bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi tak sehat, misalnya mengakibatkan pendarahan yang berlebihan dan menstruasii. Selain itu tadi sudah dijelaskan bahwa vitamin ini sifatnya laruk dalam lemak, maka kalau berlebih juga bisa membuat Anda keracunan.

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E


Vitamin E
Tak lepas dari tanggung jawabnya untuk memastikan tubuh tetap sehat pasti Anda juga ingin tahu darimana saja tubuh mendapatkan asupan tokoferol ini bukan?

Tenang saja, berikut ini akan saya sajikan beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin E yang sifatnya ready stock!

1. Kacang Almond

Takaran gizi berupa vitamin E setiap 100 gram kacang almond berjumlah 26.2 miligram. Anda dianjurkan untuk melahap almond dalam keadaan mentah karena jumlah kandungannya lebih banyak atau paling tidak Anda bisa mencobanya dalam bentuk minyak dan susu.

2. Biji-bijian

Terdapat beberapa jenis biji-bijian yang sangat banyak menyimpan vitamin E yaitu biji wijen, biji labu dan biji bunga matahari. Diantara ketiga jenis biji tersebut ada yang memberikan Anda 90.5% kebutuhan gizi harian vitamin E dengan takaran 1/4 gelas, yaitu biji bunga matahari.

3. Bayam

Sayuran ini juga menyimpan antioksidan yang cukup tinggi disamping vitamin E. Kalsium dan asam folat juga salah satu nutrisi penting yang telah tertanam pada sayuran ini.

4. Minyak nabati

Sumber vitamin E lain yang berasal dari biji-bijian adalah wheat germ oil, yang merupakan minyak nabati dengan kandungan vitamin E tertinggi.

5. Pepaya

Buah pepaya juga sebagai penyedia vitamin E dan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan memberi kekebalan pada sistem imun. Satu buah pepaya kira-kira menyimpan vitamin E yang mampu memenuhi 17% kebutuhan gizi harian Anda.

Fungsi Vitamin E Bagi Tubuh


Peranan lain vitamin E bagi tubuh yang lebih spesifik diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Vitamin E memberikan pertahanan pada kadar air dalam kulit agar tak mudah berkurang.
2. Banyak wanita yang mengklaim bahwasanya tokoferol ini membantu tubuh untuk mengurangi terjadinya hot flashes dan mengurangi gejala menopause lainnya.
3. Minyak nabati adalah sumber vitamin E yang dibutuhkan oleh makanan untuk membuatnya tetap segar tidakcepat basi (sebagai bahan pengawet alami yang baik jika diserap oleh tubuh).
4. Melindungi vitamin A dalam makanan dari oksidasi.
5. Memberikan bantuan bagi penderita diabetes dengan cara menigkatkan kinerja insulin dan metolisme glukosa dalam darah untuk meringankan stres oksidatif.
6. Pada beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli di suatu negara yang menggunakan hewan sebagai objek yang diteliti memaparkan bahwa vitamin E membantu hewan dari dalam untuk mengurangi terjadinya kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara.

Agar tutup tetap sehat, sebenarnya vitamin saja tidak cukup. Butuh beberapa aktivitas lain yang harus Anda lakukan untuk membuat kondisi tubuh tetap fit, misalnya dibarengi dengan olahraga setiap pagi dan makan makanan bergizi.