14 Sumber Vitamin B2 dan Fungsi Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 atau Riboflavin merupakan jenis vitamin yang ibaratnya masih sedarah dengan vitamin B kompleks. Riboflavin memiliki sifat mudah larut dalam air yang juga sama seperti vitamin lain untuk memelihara kesehatan tubuh manusia dan hewan dari dalam.

Vitamin B2 atau Riboflavin adalah nutrisi berkomponen sedikit yang mudah diserap oleh tubuh. Umumnya, vitamin B2 memegang peranan yang sepadan dengan jenis vitamin B lainnya, yaitu membantu metabolisme energi, metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Selain itu, riboflavin juga banyak berperan dalam pembentukan sel darah merah, antibodi dalam tubuh dan metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat.

Fungsi Vitamin B2 Bagi Kesehatan Tubuh


Sumber Vitamin B2
Berikut ini adalah fungsi vitamin B2 bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Melancarkan metabolisme

Riboflavin membantu proses metabolisme untuk menciptakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

2. Membantu produksi sel darah merah

Sama halnya dengan vitamin B1, riboflavin juga membantu pembentukan sel darah merah yang dapat mengoptimalkan peredaran oksigen ke seluruh jaringan tubuh sehingga jumlah sel darah merah yang cukup ini bisa menjamin kinerja organ di seluruh tubuh dengan sebagaimana mestinya.

3. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat

Salah satu tanda akibat kekurangan riboflavin adalah gangguan pencernaan. Disinilah vitamin B2 berperan dalam melindungi membrane mukosa usus.

4. Menyembuhkan luka

Vitamin B2 membantu memulihkan bekas luka dan memar karena jenis vitamin ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika Anda rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2, otomatis membuat antibodi semakin kuat sehingga tubuh Anda tak mudah dijangkiti penyakit.

Peranan vitamin B2 dalam tubuh benar-benar banyak. Maka dari itu mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 untuk membantu menyehatkan tubuh dari dalam.

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin B2


Vitamin B2 atau Riboflavin bisa dengan mudah Anda temukan sumbernya dari makanan, baik itu buah ataupun sayuran. Juga banyak macam kacang-kacangan yang menyimpan kandungan berupa vitamin B2 untuk kesehatan tubuh. Sumber makanan ini dibelah menjadi dua bagian, yaitu berasal dari hewan (hewani) dan tumbuhan (nabati) yang keduanya hampir seimbang jumlahnya.

Berikut ini jawaban dari pertanyaan yang acap kali dilontarkan oleh orang-orang yang mungkin baru belajar dalam dunia farmasi, tak lain dan tak bukan tentang “vitamin B2 berasal dari mana saja sih?”.

1. Tomat

Kandungan vitamin B2 dalam 100 gram bayam buah tomat adalah 0.49 mcg. Buah yang dikenal kalangan anak kecil sebagai hidung badut ini mudah kita temukan di pasar ataupun di dapur rumah (jika ibu Anda adalah orang yang suka memasak). Sayangnya, sekarang ini sudah banyak oknum yang mengolah tomat busuk menjadi berbagai bentuk, misalnya saus. Untuk itu Anda harus pintar-pintar dalam memilih saus agar tidak menderita sebuah penyakit pada sistem pencernaan.

2. Bayam

Kandungan nutrisi berupa vitamin B2 dalam 100 gram bayam adalah 0.189 mcg. Setidaknya ukuran tersebut sudah lebih dari cukup untuk tubuh jika seharinya di konsumsi rutin. Selain vitamin B2, bayam juga sumber vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh untuk perawatan kulit, mencegah penuaan dini dan menjadikan kulit lebih halus.

3. Kacang kedelai

Kandungan gizi berupa vitamin B2 dalam 100 gram kacang kedelai adalah 0.76 mcg. Jenis kacang-kacangan yang berasal dari hewan ini mengantongi banyak manfaat bagi kesehatan, pasti Anda sudah tahu salah satunya.

4. Susu

Jika dilihat dengan poin sebelumnya, memang agak berhimpit maknanya, namun sebenarnya tetap berbeda arti. Susu disini berasal dari perasan susu sapi langsung. Vitamin B2 yang terkandung dalam susu sapi segar ini membantu mata untuk mempertajam daya penglihatan.

5. Telur

Kandungan gizi berupa vitamin B2 / riboflavin dalam 100 gram telur adalah 0.5 mcg. Telur menyimpan puluhan manfaat bagi kesehatan. Makanan yang berasal dari hewan ini juga tak bisa jauh-jauh dari orang yang gemar sekali ngegym untuk mengubah dirinya menjadi lebih berbentuk, karena didalamnya juga tersimpan cukup protein yang bisa membentuk otot. Oleh sebab itu, terkadang telur juga disebut-sebut sebagai media yang menjembatani antara mimpi pria di alam bawah sadar dengan mimpi pria di dunia nyata.

6. Jamur

Kandungan vitamin B2 pada 100 gram jamur adalah 0,31 mcg. Jamur sendiri bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, antibakterial, antitumor, sehingga mampu untuk dimanfaatkan dalam pengobatan lever, anemia, diabetes, dapat juga menurunkan berat badan. Jadi jangan enggan mengkonsumsi jamur. Karena jamur sudah lebih enak dihidangkan dalam masakan seperti sambal, sup, nasi goreng, dan lainnya.

7. Hati

Kandungan vitamin B2 pada hati 100 gram yaitu 4,6 mcg. Sangat banyak untuk ukuran vitamin B2 yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Hati ini bisa hati ayam, sapi atau kambing. Walaupun bermanfaat dan mengandung vitamin B2 yang tinggi, tidak dianjurkan memakan hati daging ini dalam keseharian. Karena mengandung kolesterol yang tinggi pula dalam setiap hati.

8. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin B2 sebanyak 1,01 mcg dalam takaran 100 gram. Manfaat kacang almond sendiri adalah sebagai penurun kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang dan menjaga kecantikan. Kacang almond di jaman sekarang ini lebih banyak digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan coklat.

9. Keju

Keju yang merupakan makanan olahan dari susu juga banyak mengandung vitamin B2. Kandungan vitamin B2 pada keju sendiri dalam 100 gram yaitu 0,163 mcg sampai 0,382 mcg tergantung jenis dari keju tersebut. Keju yang sekarang ini dikemas dalam bentuk modern memiliki beberapa manfaat. Keju dapat menjaga fungsi-fungsi syaraf tubuh, kemudian dapat sebagai pembentukan tulang dan gigi, lalu mampu meredakan stress serta insomnia.

10. Ikan

Pada ikan juga terkandung banyak vitamin B2. Seperti ikan kembung yang memiliki kandungan vitamin B2 sebanyak 0,54 mcg dalam 100 gramnya. Lalu ikan salmon mengandung vitamin B2 sebanyak 0,49 mcg dalam 100 gramnya. Sedangkan ikan forel mengandung vitamin B2 sebanyak 0,42 mcg dalam 100 gramnya. Walaupun ikan lainnya juga banyak mengandung vitamin B2, namun ikan-ikan ini lebih banyak ditemui di lautan amerika dan eropa.

11. Mentega

Jika pada mentega bermerek kandungan vitamin ini tertakar dalam persen. Tidak dalam kandungan gram. Sehingga tidak diketahui berapa banyak jumlah gram yang terkandung dalam mentega. Misalnya pada mentega yang memiliki takaran 250 mg memiliki kandungan vitamin A sebesar 25%, kandungan vitamin B1 sebesar 15%, kandungan vitamin D sebesar 35%, kandungan vitamin E sebesar 20%, dan kandungan niasin sebesar 20%.

12. Daging Bebek

Dalam 100 gram daging bebek mengandung 0.5 mg vitamin B2 atau setara pemenuhan 28% kebutuhan tubuh harian. Untuk vitamin lain seperti vitamin B1 mengandung 0.3 mg atau setara 17% kebutuhan tubuh harian. Dan masih banyak kandungan vitamin B kompleks lainnya yang banyak terkandung di daging bebek.

13. Brokoli

Menurut kandungan gizi yang terkandung pada brokoli, terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A mengandung 228.07 RE, vitamin B1 mengandung 0.09 mg, vitamin B2 mengandung 0.18 mg dan masih banyak lagi vitamin yang terkandung di dalam brokoli. Sayangnya kandungan B2 memang yang terkecil dari semua kandungan vitamin pada brokoli.

14. Asparagus

Kandungan vitamin yang terdapat dalam 100gram Asparagus yaitu vitamin B1 mengandung 0.143 mg, vitamin B2 mengandung 0.141 mg, vitamin B3 mengandung 0.978 mg, vitamin B5 mengandung 0.274 mg, vitamin B6 mengandung 0.091 mg.

Nah, itu dia beberapa jenis sumber makanan yang mengandung Vitamin B2. Semoga bermanfaat.