Makanan Sumber Vitamin K (Koagulasi) dan Fungsi Vitamin K

Tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk bisa membuat seluruh organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Setiap vitamin sudah mendapat tugasnya masing-masing, ada yang berperan sebagai alat alami untuk merubah karbohidrat menjadi glukosa yang nantinya digunakan oleh tubuh untuk memproduksi energi dan ada juga yang tugasnya untuk memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh manusia yaitu vitamin K.

Vitamin K merupakan vitamin yang mendapat sebutan lain “naphthoquinones”, dikategorikan kedalam tiga jenis dasar vitamin K yaitu phylioquinonnes (berasal dari tumbuhan), menaquinones (berasal dari bakteri), dan menadione (sintetik buatan). Bagi orang yang awam dengan dunia medis menyebut ketiga jenis vitamin K tadi sebagai vitamin K1, K2 dan K3.

Vitamin K memiliki sifat mudah larut dalam lemak karena itu tersimpannya vitamin ini adalah di jaringan lemak dalam tubuh. Banyak sekali peran dari vitamin ini seperti yang dikatakan tadi yaitu memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh, selain itu vitamin ini juga bertanggung jawab untuk mempercepat pembekuan darah.

Makanan Sumber Vitamin K (Koagulasi)


Vitamin K
Berikut ini daftar makanan sebagai sumber vitamin K:

1. Selada

Selada adalah salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin K nabati (dari tumbuhan). Kandungan gizi berupa vitamin K per 100 gramnya adalah 128 mcg.

2. Bayam

Sayuran ini juga menjadi makanan pengasup vitamin K untuk tubuh. Terdapat 80 mcg vitamin K pada takaran 100 gram bayam. Tentu Anda memilih tumbuhan ini untuk mencukupi gizi harian Anda, di Indonesia sayur ini sudah tak asing dan sangat mudah untuk ditemukan.

3. Kembang Kol

Kembang kol atau bunga kol atau kubis ini adalah tumbuhan yang dijadikan objek budidaya di Indonesia. Asalnya kembang kol adalah dari berbagai negara di kawasan Eropa, namun itu tak jadi penghalang bagi masyarakat kita untuk melestarikan sayuran bermanfaat ini. Kembali menyinggung mengenai vitamin K yang terkandung dalam tumbuhan ini, sekitar 125 mcg tersimpan dalam 100 gram kembang kol.

4. Brokoli

Awalnya, brokoli lebih dominan tertanam di negara Italia. Namun, seiring berjalannya waktu, brokoli juga mulai dibudidayakan di China dan india. Per 100 gram brokoli tersimpan 200 mcg vitamin K untuk yang cukup untuk memenuhi gizi harian Anda.

5. Kacang Polong

Sengaja saya tambahkan jenis kacang-kacangan disini, sebenarnya masih ada kacang-kacangan lain yang menjadi penyedia vitamin K, misalnya kacang kedelai. Kacang polong atau kacang ercis mengasup 5 mcg kebutuhan vitamin K Anda pada takaran 100 gram kacang polong.

Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh


Apa saja peranan atau fungsi vitamin K bagi kesehatan tubuh?

1. Pembekuan Darah

Vitamin K digunakan oleh tubuh untuk mempercepat proses pembekuan darah. Dengan kata lain, hal ini membantu tubuh untuk memproduksi prothrombin (protein plasma yang diproduksi dalam hati yang nantinya diubah menjadi trombon untuk membantu pembekuan darah).

2. Kesehatan Tulang

Permasalahan pada tulang tak lain dengan pengeroposan dan kerentanan terjadinya patah tulang. Disinilah vitamin K bertugas untuk mencegah tulang mengalami beberapa gangguan seperti osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, vitamin ini juga membantu pembentukan tulang dan mempecepat perbaikan jaringan.

3. Mencegah Kalsium Berlebih

Kalsium memang baik untuk membentuk struktur tulang dan penguatan tulang. Namun jika terlalu berlebihan kalsium bisa membuat pembuluh darah mengeras, kasus ini biasa disebut dengan kalsifikasi. Vitamin K membantu tubuh untuk mencegah terjadinya kalsifikasi yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskular.

Jika tubuh kekurangan vitamin K bisa dikenali dari beberapa gejala yang dialami oleh tubuh seperti kehilangan banyak darah akibat pendarahan berlebih saat menstruasi.