Sumber Vitamin B9 (Asam Folat) dan Fungsi Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat adalah jenis vitamin B kompleks yang memiliki sifat mudah larut dalam air, peranannya dalam tubuh sangat penting untuk menunjang kesehatan. Secara umum, asam folat berguna untuk menyehatkan janin yang dikandung oleh ibu hamil agar bayi yang akan lahir tidak mengalami cacat bawaan. Selain itu, asam folat juga diperlukan oleh tubuh untuk memperbanyak produksi sel, menjamin terbentuknya jaringan otot, pembentukan hemoglobin dan menjaga gangguan mental serta emosional.

Tubuh yang kekurangan vitamin B9 menimbulkan sinyal seperti anemia, amnesia, daya ingat otak dan saraf yang terbatas, paranoia, kelelahan, lesu, kulit kering dan lidah sakit. Gangguan kesehatan lain yang juga menjadi gejala tubuh mengalami difisiensi vitamin B9 adalah jantung berdebar-debar, cacat bawaan, tulang keropos, kanker usus dan leukopenia. Dalam beberapa kasus juga sering terdengar keluhan terjadinya infertilitas dan sterlitas akibat kekurangan vitamin B9.

Makanan Sumber Vitamin B9 (Asam Folat)


Vitamin B9
Ada beberapa makanan yang dengan mudah kita temukan disekitar sebagai sumber vitamin B9 (asam folat) yang cukup untuk memenuhi gizi harian tubuh kita. Berikut ini macam-macam makanan yang termasuk kedalam sumber vitamin B9:

1. Alpukat

Buah yang memiliki bentuk seperti guci ini layak kita konsumsi tiap hari, baik dijadikan jus ataupun sup buah. Kandungan gizi berupa asam folat dalam secangkir buah alpukat adalah sebanyak 90 mcg (22% memenuhi asupan gizi asam folat tubuh perharinya). Serat merupakan nutrisi penting yang juga terkandung dalam alpukat yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Jagung

Tanaman yang paling sering ditanaman di sawah pegunungan ini juga menjadi salah satu sumber asam folat. Sekitar 76 mcg asam folat terkandung dalam satu cangkir jagung yang diolah dengan cara dimasak atau direbus.

3. Seledri

Daun seledri kerap kita jumpai saat makan bubur ayam. Didalamnya tertanam asam folat sebanyak 34 mcg atau setara dengan 8% kebutuhan vitamin B9 harian Anda per satu cangkirnya.

4. Roti dan sereal

Roti dan sereal adalah makanan olahan yang dibuat oleh manusia. Para produsen makanan jenis ini rela menambahkan gizi berupa vitamin B9 sampai 100%. Jadi, Anda bisa menstok roti dan sereal untuk dijadikan menu sarapan tiap pagi.

5. Kacang hijau

Salah satu sumber vitamin B9 nabati yang berasal dari kalangan kacang-kacangan adalah kacang hijau. Terdapat sebanyak 101 mcg vitamin B9 setiap takaran 1 cangkir kacang hijau, nilai gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kecukupan gizi berupa vitamin B9 Anda.

Fungsi Vitamin B9 (Asam Folat)


Sebagai vitamin yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini manfaat atau fungsi vitamin B9 untuk kesehatan tubuh secara detail:

Kesehatan Jantung

Jantung manusia dapat bekerja secara optimal dengan bantuan vitamin B9. Jadi, cukupi asupan gizi berupa asam folat Anda agar fungsi jantung Anda bekerja dengan baik untuk menghilangkan homosisten yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung pada Anda.

Stroke

Selain memicu meningkatnya risiko serangan jantung, homosisten juga menjadi penyebab stroke yang membuat jaringan otak menjadi tak berfungsi alias mati. Selain itu, homosisten juga membuat struktur tulang menjadi lemah sehingga berisiko tinggi terjadinya patah tulang.

Kanker

Berantas pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh yang bisa membuat Anda menderita dalam waktu lama dikemudian hari. Vitamin B9 (asam folat) adalah solusinya, Anda bisa konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin B9. Vitamin ini bertanggung jawab dalam mencegah kanker serviks, kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Vitamin B9 atau asam folat saat ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan ketidakmampuan mentaldan emosional. Misalnya membantu mengurangi kecemasan dan depresi.