Makanan Sumber Vitamin B12 dan Fungsi Vitamin B12

Vitamin B12 atau cobalamin adalah turunan vitamin B kompleks yang paling dasar. Guna dari cobalamin dalam tubuh adalah untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah dan menjaga sistem saraf. Vitamin B12 adalah komponen penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan DNA, metabolisme protein dan memproduksi sel-sel darah putih dalah tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khusus bagi ibu hamil, vitamin ini juga membantu perkembangan saraf embrio.

Kekurangan (difisiensi) vitamin B12 membuat tubuh menanggung berbagai gangguan atau masalah, misalnya adalah mengakibatkan kulit kusam dan tak sehat seperti kekurangan mineral. Mudah sekali untuk mengatasi masalah ringan ini, Anda bisa konsumsi suplemen yang menjadikan vitamin B12 sebagai vitamin dasarnya.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B12 (Cobalimin)


Vitamin B12
Karena vitamin B12 lebih mudah tercipta atau diproduksi oleh bakteri menjadikan sumber makanannya lebih banyak ditemukan dalam produk hewani. Tidak ada tumbuhan yang menajdi sumber vitamin ini, terkecuali ditambahkan dengan sengaja atau istilah lainnya telah terkontaminasi (tercampur) dengan mikroorganisme atau bakteri.

Berikut ini beberapa sumber hewani vitamin B12 yang bisa Anda jadikan makanan favorit penunjang kesehatan tubuh dan si kecil:

1. Kerang

Baunya yang amis membuat sebagian orang menghindari untuk konsumsi makanan yang satu ini. Sebenarnya, kerang menjadi sumber vitamin B12 yang cukup banyak. Selain itu, terdapat nutrisi lain berupa seng, tembaga, fosfor dan zat besi yang sama-sama memiliki peran masing-masing untuk melengkapi dan menjaga kondisi tubuh setiap orang. Jika Anda memasak 3 ons kerang, Anda akan memperoleh gizi berupa cobalimin sebanyak 94.1 ug.

2. Ikan salmon

Sumber cobalimin lain yang juga berasal dari dalam air adalah ikan salmon. Salmon menyediakan 9.0 ug cobalimin untuk ukuran setengah fillet.

3. Kepiting dan lobster

Kedua hewan ini sering dijadikan masakan di restoran-restoran seafood, biasanya disajikan dengan cara dipanggang, dikukus atau bisque. Per tiga ons kepiting laut mengandung 10 ug cobalimin, sedangkan kandungan vitamin B12 pada kepiting batu lebih sedikit. Untuk lobster, setidaknya mengantongi 4.5 ug cobalimin setiap 100 gramnya.

4. Keju

Orang-orang eropa sana gemar sekali ngemil makanan sehat ini. Meski mengandung kolesterol tinggi, keju menggantikan bahaya tersebut dengan nutrisi lain seperti kalsium, protein dan satu lagi: vitamin B12. Jumlah vitamin yang dikandungnya tidak sama, tergantung pada produsen pengolahnya. Sebagai contoh, keju swiss mengandung 6.5 ug cobalimin per 100 gram, dan disusul oleh keju Ghetto, Mozzarella dan keju parmesan.

5. Daging

Dari sejumlah jenis daging, terdapat beberapa yang menjadi sumber cobalimin tinggi, daging kambing dan ayam maksudnya. Daging kambing menyediakan 15.7 ug vitamin B12 setiap satu ons, sementara 13.7 ug cobalimin setiap satu cangkir daging ayam.

Fungsi Vitamin B12 (Cobalimin) Bagi Tubuh


Sebagai salah satu vitamin yang menopang kesehatan tubuh, tak heran membawa manfaat baik untuk kesehatan, berikut ini misalnya:

1. Membantu produksi energi

Seperti vitamin B kompleks lainnya, vitamin B12 juga mampu mengubah karbohidrat menjadi glukosa dengan cara memetabolismenya dan selanjutnya akan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi energi.

2. Mengatur sistem saraf

Sistem saraf yang terganggu bisa menyebabkan berbagai masalah ringan seperti stres, depresi dan yang cukup mengerikan adalah terjadinya penyusutan otak. Disinilah vitamin B12 beraksi untuk memperbaiki sistem saraf yang mulai rusak dan kembali menjadikannya sehat.

3. Mencegah serangan jantung

Ini adalah kesekian kalinya manfaat dari keluarga vitamin B kompleks untuk menjaga kesehatan jantung dari berbagai gangguan penyakit seperti serangan jantung dengan cara mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

4. Kesehatan kulit

Bagi Anda yang melek dengan grooming pasti tak jarang melihat kandungan pada bungkus label setiap produk perawatan kulit, yaitu vitamin B12 yang sangat baik untuk mereproduksi dan meregenerasi sel-sel kulit mati.

5. Mengurangi risiko kanker

Vitamin B12 juga sama seperti teman-teman yang masih satu keluarga dengan vitamin B kompleks lain, yaitu mengurangi risiko seseorang mengidap berbagai jenis kanker.

Pastikan tubuh Anda memenuhi kecukupan gizi berupa vitamin B12 atau cobalimin yang nantinya akan diproses dalam tubuh menjadi sesuatu yang berguna bagi kesehatan Anda.