Makanan Sumber Serat dan Fungsi Serat Bagi Tubuh

Serat dinobatkan sebagai nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan proses pencernaan makanan dan membuat sistem imunitas tubuh lebih kebal dari berbagai penyakit. Namun, dalam beberapa kasus serat juga mengambil alih alias menjadi komando untuk mengatasi kasus tersebut. Hal tersebut menandakan bahwasanya serat juga mempunyai peran lain dalam tubuh selain melancarkan sistem pencernaan.

Makanan Yang Menjadi Sumber Serat


Makanan Sumber Serat
Sebelum kita membahas mengenai peranan lain serat disamping melancarkan sistem pencernaan ada baiknya Anda tahu darimana sajakah tubuh mendapat asupan serat setiap harinya.

Berikut ini makanan yang merupakan sumber serat, namun saya akan membahas buah-buahan saja karena jika diulas satu persatu lebih dari 20 jenis makanan.

Apel

Apel adalah buah yang mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Dalam beberapa kasus apel juga sering dijadikan bahan alami untuk memutihkan gigi, caranya cukup dengan mengonsumsinya secara rutin. Ketika mulut sedang kering, menggigit sepotong apel bisa membasahi bibir dan tenggorokan kita selama beberapa menit.

Apel merupakan sumber serat yang tersimpan dalam daging buah dan kulitnya, cukup menakjubkan memang sehingga tak heran jika muncul sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa “an apples a day keeps the doctor away”, yang arti secara logikanya adalah dengan mengonsumsi sebutir apel secara rutin maka Anda akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Pisang

Mulai dari kulitnya sudah menyimpan khasiat dan nutrisi tertentu yang bisa dijadikan masker untuk mencerahkan warna kulit yang menghitam. Sedangkan dagingnya menjadi sumber serat yang sempurna. Pisang mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, jadi tak ada salahnya Anda mencoba makan pisang di sela-sela makan besar.

Pir

Buah ini juga hampir sama dengan apel, namun kandungan mineral dalam pir lebih banyak. Kandungan serat di dalamnya mengoptimalkan terjadinya reaksi kimia didalam sistem pencernaan, juga membuat Anda merasa lebih kenyang dalam sekejap.

Alpukat

Tak hanya mengandung vitamin dan lemak baik, namun kandungan serat yang terdapat pada buah alpukat juga melimpah.

Jeruk

Jeruk saat ini diubah dalam bentuk suplemen vitamin C yang bisa dengan mudah kita minum setiap hari untuk menjamin kesehatan tubuh. Selain itu, ternyata serat juga bernaung dalam daging jeruk yang mampu menjaga tubuh dari penyakit sembelit.

Fungsi Serat Dalam Tubuh


Nah, sesuai janji saya tadi. Sekarang kita langsung saja membahas peranan lain serat dalam tubuh disamping melancarkan sistem pencernaan.

Berikut ini penjelasaannya, silahkan disimak:

Membuat Anda awet muda

Maksudnya awet muda bukan dalam konteks kecantikan. Tetapi kata “awet muda” diambil berdasarkan sebuah penelitian yang menunjukan bahwa seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan harian seratnya (14 gram setiap 1.000 konsumsi kalori) memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih lama daripada yang tidak.

Menjaga kesehatan usus

Seperti yang dilansir dalam laman Huffington Post, serat menjadi nutrisi untuk menjaga tubuh dari risiko kanker usus (memang tidak berkaitan dengan diet serat). Namun, walau bagaimanapun makan makanan yang menyuplai serat bagi tubuh secara tak langsung membantu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

Menurunkan kolesterol

Serat memiliki sifat larut yang penting dalam menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh yang nantinya memancing penyakit kardiovaskular.

Menurunkan berat badan

Serat lebih sering membuat perut tahan lapar lebih lama. Karena itulah bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak perlu repot melakukan ini itu karena dengan konsumsi serat secukupnya sudah bisa mengurangi lemak dalam tubuh Anda (harus dibarengi dengan olahraga juga).

Itulah ulasan singkat tentang sumber serat dan peranannya dalam tubuh kita. Dengan terbitnya artikel ini semoga membuat Anda lebih semangat memperhatikan kesehatan diri.