Makanan Penambah Semangat dan Energi

Makanan Penambah Semangat dan Energi
Makanan tidak hanya berfungsi sebagai pemasok asupan gizi, namun juga berfungsi sebagai penambah semangat atau penambah energi. Nah, jika anda merasa semangat anda menurun setelah seharian beraktifitas, maka silahkan konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini untuk memulihkan semangat dan energi anda:

1. Makanan Tinggi Serat

Serat adalah bagian penting dari sarapan sehat karena dapat mengisi dan memberi Anda energi selama berjam-jam. Makanan yang tinggi serat misalnya oatmeal, roti gandum, buah kering dan kismis untuk sereal peningkat asupan serat.

2. Makanan Tinggi Protein

Protein bekerja dengan mengatur gula darah sehingga dapat mempertahankan energi sepanjang pagi. Makanan tinggi protein misalnya telur, produk susu seperti yoghurt, susu rendah lemak dan keju rendah lemak, roti dengan selai kacang, sosis yang tidak diawetkan, ayam atau ham.

3. Buah-buahan

Buah adalah pilihan yang baik untuk sarapan karena memberikan sesuatu yang manis dan juga memberi energi. Buah juga membuat sarapan makin mudah karena ada begitu banyak pilihan yang berbeda. Selain itu, kandungan vitamin terutama vitamin C juga dapat memberikan tambahan energi untuk pagi hari.

Dana Jacobi penulis buku '12 Best Foods Cookbook: Over 200 Delicious Recipes Featuring the 12 Healthiest Foods' merekomendasikan buah-buahan segar seperti pisang, jus jeruk atau segala buah segar dan buah kering untuk campuran pancake atau gandum utuh. Makanan tersebut, jika dikonsumsi terbukti bisa menambah semangat dan mengembalikan energi yang hilang.