Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Gusi Berdarah

Gusi bengkak dan gusi berdarah merupakan salah satu masalah gigi dan mulut. Beberapa orang menganggapnya sebagai sakit gigi. Setiap orang yang sedang mengalami permasalahan dengan kehadiran penyakit ringan ini tak jarang mengeluhkan pada orang sekitar bagaimana rasa sakit yang ditimbulkan, bahkan ada juga yang langsung melakukan pemeriksaan ke dokter agar gusi bengkak bisa diatasi

Gusi adalah bagian penting pada mulut yang menjadi jaringan kokoh serta menjadi pelindung atau selimut banyak pembuluh darah didalamnya. Gusi yang sehat sejatinya berwarna pink, tetapi jika bengkak bisa dilihat dari perubahan warna yang agar berbeda dari warna gusi lain, biasanya merahd dan pada beberapa kasus juga terdapat warna kuning pada tonjolan gusi yang menandakan adanya nanah.

Penyebab Gusi Bengkak


Beberapa penyebab gusi bengkak wajib Anda ketahui sebelum melakukan pencegahan ataupun langsung mengatasinya dengan obat gusi bengkak.

Gingivitis

Atau radang gusi merupakan penyebab gusi bengkak yang paling umum dijumpai. Terjadinya gingivitis dikarenakan kondisi mulut yang tidak bersih, seperti misalnya tersimpan banyak plak yang menempel pada karang gigi dan perbatasan gusi. Bakteri atau kuman pada plak tersebut akan menjalar kedalam gusi secara bertahap sehingga mengakibatkan gusi bengkak.

Karena Infeksi

Terjadinya infeksi oleh jamur maupun virus berpotensi memicu gusi membengkak. Beberapa jenis jamur, misalnya jamur candida adalah satu diantara sebagian virus yang menyebabkan gusi bengkak.

Obat Gusi Bengkak


Gusi yang bengkak harus segera diatasi sesegera mungkin agar tidak berdampak lebih buruk kedepan. Anda bisa mencoba obat tradisional karena lebih alami dan sudah banyak yang membuktikanny untuk mengempeskan gusi yang membengkak.

Berikut ini kiranya ramuan obat untuk menyembuhkan rasa sakit sekaligus mengempeskan gusi bengkak.

Ramuan Pertama:
  • Siapkan kulit andong dan garam secukupnya.
  • Cuci bersih kulit andong dengan air biasa, kemudian dikikis dan taburi sedikit garam.
  • Aplikasikan pada gusi yang bengkak dengan cara mengoles.

Ramuan Kedua:
  • Sediakan kulit krokot sekitar 200 gram.
  • 3 gelas air bersih.
  • Cuci kulit krokot, selanjutnya di rebus bersama 3 gelas air sampai air hanya tersisa 1 gelas.
  • Setelah dingin, kumur-kumur airnya dan telan sekaligus.

Ramuan Ketiga:
  • 3 potong tanaman gambir.
  • 1/2 jari empu kunyit.
  • 2 gelas air.
  • Cuci semua bahan menggunakan air, kemudian iris tipis-tipis tiap tanaman gambir dan empu kunyit.
  • Rebus bersama 2 gelas air hingga tersisa setengahnya (1 gelas).
  • Gunakan dengan cara kumur-kumur dan buang airnya.
  • Rutin melakukan ini setidaknya 3 - 4 kali dalam sehari.

Itu tadi adalah ramuan obat untuk mengobati radang gusi atau gusi bengkak secara tradisional. Bahan yang diperlukan memang agak sulit, tapi obat gusi bengkak diatas telah banyak memberikan hasil positif untuk menyembuhkan.

Cara Mengobati Gusi Bengkak


Agar lebih maksimal hasilnya Anda bisa melakukan cara berikut ini guna mempercepat proses pemulihan gusi yang bengkak akibat infeksi atau hal lain.
  • Sikat gigi secara teratur dan flossing dengan lembut, sehingga tidak melukai gusi yang sedang bengkak.
  • Gunakan air yang telah dicampur garam untuk berkumur. Fungsinya adalah mengusir bakteri penyebab sakit gigi, gusi bengkak dan bau mulut pada rongga.
  • Perbanyak asupan air mineral agar bakteri pada mulut bisa dibasmi karena air yang Anda minum dapat memproduksi air liur pada mulut, manfaat lain juga untuk mencegah mulut kering.
  • Hindari hal-hal yang bisa memperparah kondisi gusi, seperti penggunaan alkohol, merokok ataupun menggunakan obat kumur dengan kandungan yang keras.

Agar obat gusi bengkak maupun cara mengobati gusi bengkak tersebut berhasil untuk mengembalikan keadaan gusi Anda, lakukan segala sesuatunya secara konsisten. Jangan lupa juga jika gusi tak kunjung sembuh meski telah melewati serangkaian cara pengobatan yang dilakukan sendiri, segera melakukan pemeriksaan pada dokter gigi untuk mendapat solusi yang lebih tepat.

Gusi bengkak dan gusi berdarah merupakan salah satu penyebab sakit gigi selain gigi berlubang. Peradangan pada gusi umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin, reaksi alergi, penyakit gula, efek obat-obatan tertentu atau leukemia.

Mengobati Gusi BengkakRadang gusi merupakan pertanda adanya gangguan yang lebih serius. Gejalanya bisa berupa tanda merah yang mengelilingi leher gigi, kemudian terjadi pendarahan pada gusi.

Ramuan tradisional untuk mengobati gusi berdarah adalah dengan tanaman bayam duri.

Caranya, ambil segenggam bayam duri, kemudian dibakar dengan alas genteng. Jangan sampai jadi abu. Setelah itu ditumbuk hingga halus di atas genteng tadi. Ramuan ini dipakai seperti salep, dengan cara dioleskan pada gusi yang berdarah.

Nah, itulah ramuan tradisional cara mengobati gusi bengkak dan gusi berdarah dengan tanaman bayam duri.