Obat Sembelit (Konstipasi) atau Susah Buang Air Besar

Cara mengobati sembelit dan susah buang air besar secara tradisional. Penyebab sembelit atau susah buang air besar bisa terjadi karena tubuh kekurangan makanan berserat. Sembelit atau konstipasi adalah penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan dan pembuangan dalam tubuh. Umumnya penyakit ini terjadi karena konsumsi makanan tidak sehat sehingga membuat tinja mengeras dan berefek kesulitan buang air besar. Rasa sakit ketika sembelit terkadang disertai masalah lain seperti perut melilit.

Seiring berjalannya waktu sembelit akan sembuh dengan sendirinya jika bahan pangan yang Anda konsumsi mengandung banyak nutrisi yang mampu mengasup tubuh agar lebih sehat.

Penyebab Sembelit (Konstipasi)


Sembelit disebabkan oleh banyak faktor seperti pola makan yang tidak teratur, makanan yang dikonsumsi kurang serat dan keseringan makan makanan yang susah dicerna. Kebiasaan buruk lain seperti minum miras, merokok dan kurang waktu tidur juga memperparah kondisi sembelit.

Gejala Sembelit (Konstipasi)


Sembelit dapat dicek dengan melihat beberapa gejala dan tanda yang dialami oleh tubuh seperti berikut:
  • Sakit perut (kram pada otot perut)
  • Susah buang air besar karena tinja mengeras
  • Jarang buang air besar, bisa-bisa seminggu hanya 3 kali
  • Perut terasa berat
  • Sering buang gas alam atau kentut yang baunya menyengat
  • Sakit kepala disertai rasa mual
  • Lidah berlendir
  • Nafsu makan berkurang
  • Bagian paha dan betis sakit
  • Tekanan darah meningkat atau hipertensi
  • Vertigo (sakit kepala seperti berputar)
  • Sering mengantuk
  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar seperti panik

Obat Sembelit Tradisional


Ibu hamil dan anak-anak bisa diberi obat sembeli berikut ini jika keadannya masih memungkinkan. Tetapi jika gejala sembelit cukup serius, lebih baik minta penanganan lebih tepat dari dokter.

Stroberi

Buah stroberi mudah ditemui pada daerah dataran tinggi seperti pegunungan ini kaya akan vitamin C dan serat yang ditugaskan untuk melancarkan perut yang bermasalah dengan sembelit. Buah ini juga dapat digosokkan pada gigi untuk mencerahkan warna gigi yang kuning.

Pepaya

Pepaya juga sarat akan vitamin C dan serat yang berkemampuan khusus untuk melancarkan buang air besar. Anak-anak yang mengalami macet buang air besar bisa diatasi dengan mudah menggunakan pepaya yang dimakan dalam jumlah banyak.

Cincau

Cincau adalah tanaman yang mengandung serat tinggi namun rendah kalori dan berkhasiat untuk meredakan panas dalam, demam, perut kembung, diare dan sembelit. Cincau juga bertindak dalam organ pencernaan untuk mencegah kanker akibat zat karsinogen.

Timun

Tanaman yang mengandung banyak mineral ini juga menyimpan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan beberapa senyawa lain yang terlibat dalam tubuh untuk mengatasi sembelit.

Kucai

Tanaman obat ini menyimpan unsur belerang dan vitamin B serta C yang memiliki sifat antiseptik dalam tubuh untuk membunuh bakteri pada usus yang menjadi penyebab sulitnya uang air besar.

Pisang

Buah pisang ini sangat mudah dicerna, oleh karenanya sangat tepat dikonsumsi orang yang mengalami masalah sembelit. Khasiat lain dari pisang adalah menghaluskan kulit dengan cara memanfaatkan kulitnya bagian dalam.

Temulawak

Batang dan rimpang temulawak muda bisa dijadikan ramuan obat sembelit, caranya dengan menggunting bagian batan dan rimpang (ubi) muda temulawak, lalu cuci bersih dengan air. Rebus dan tunggu sampai mendidih. Jika sudah, saring dan tuangkan ramuan tersebut pada gelas. Saat hangat atau dingin Anda sudah boleh meminumnya secara perlahan. Minum ramuan ini sehari 2 kali.

Ciku

Makan buah ciku yang telah hancur dan dilumatkan dalam melancarkan buang air besar. Dalam pengobatannya Anda harus mencampurkan buah ciku pada air hangat yang sudah tercampur dengan garam, minumnya sebelum sarapan pagi.

Cara Alami Mengobati Sembelit


Wortel Obat Sembelit dan Susah Buang air Besar
Wortel
Wortel mengobati sembelit
Bahan: 2 buah wortel ukuran sedang, 2 sendok makan air masak, dan garam secukupnya.
Cara pengobatan: Parutlah wortel tadi dalam wadah dan beri dua sendok makan air matang. Kemudian peraslah air parutan wortel tadi lalu bubuhi dengan sedikit garam. Minumlah air perasan wortel tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Nanas Obat Sembelit dan Susah Buang air Besar
Buah Nanas
Buah Nanas obat sembelit
Ambillah tiga buah nanas yang cukup besar. Kemudian kupaslah kulit buah nanas tersebut. Cuci bersih kemudian parutlah kulit buah nanas tersebut. Peras hasil parutannya hingga mendapat satu gelas air. Minum air hasil perasan kulit nanas tersebut 2 kali sehari masing-masing setegah gelas.

Daun Pandanwangi Mengobati Sembelit
Pandan Wangi
Pandan Wangi obat buang air besar
Caranya: Daun pandanwangi ditumbuk sampai sampai halus, kemudian tambahkan setengah gelas air. Peras, kemudian saring airnya. Beri sedikit garam dan gula aren lalu diaduk sampai larut. Minumlah air ramuan tersebut sekali sehari setelah makan malam atau sebelum tidur.


Kiranya obat sembeli tradisional yang telah diuraikan satu persatu tersebut bisa Anda pilih salah satunya. Lakukan pengobatan secara rutin agar hasilnya maksimal dan buang air besar kembali lancar.