Sumber Vitamin C (Asam Askorbat) dan Fungsi Vitamin C

Vitamin C atau askorbat adalah salah satu jenis vitamin yang cukup populer dan ibaratnya masih saudara dengan keluarga vitamin B kompleks lainnya. Vitamin ini juga tidak mau kalah dengan kerabat lainnya yang intinya sama, yaitu menjaga kesehatan manusia. Bebrapa manfaat vitamin C bagi tubuh adalah sebagai senyawa yang membentuk kolagen, yaitu protein penting penyusun jaringan kulit, tulang, sendi dan otot.

Dalam beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwasanya askorbat ini mampu menurunkan kadar kolesterol, jadi sangat layak dikonsumsi bagi Anda yang menderita penyakit jantung ataupun ingin mencegah risiko terkena penyakit jantung. Bahkan, saking tingginya kandungan antioksidan pada vitamin C bisa menangkal radikal bebas yang bisa membuat sel-sel dalam tubuh rusak.

Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin C


Vitamin C
Bicara soal vitamin C yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, pasti Anda penasaran bukan apa saja makanan yang menjadi sumber vitamin C?

Diantara begitu banyaknya jumlah makanan yang merupakan sumber asam askorbat, berikut ini telah saya rangkum beberapa yang cukup tinggi mengandung askorbat:

#1 Buah Jeruk

Buah yang secara tidak sadar tersimpan dalam memori setiap orang sebagai sumber vitamin C tinggi yang dapat memenuhi gizi harian kita ini menyediakan sekitar 30 sampai 50 miligram askorbat (vitamin C) di setiap 100 gramnya buah jeruk.

#2 Stroberi

Buah ini lebih subur tumbuh di lahan pegunungan yang suhunya dingin. Jadi tak heran jika salah satu tujuan wisata anak-anak SD ketika menjelajahi puncak adalah kebun stroberi, memang disanalah habitat asalnya. Setiap 100 gram buah stroberi memberikan 56.7 miligram kandungan vitamin C. Buah ini juga sering dijadikan bahan untuk memutihkan gigi yang kuning, caranya dengan menggosok gigi pakai stroberi.

#3 Kembang kol

Kandungan vitamin C yang tersimpan dalam sayuran yang diberi nama kembang kol ini mencapai 50 miligrap setiap 100 gramnya. Pasti Anda sudah bisa mengenali bagaimana bentuk kembang kol ini, karena banyak sekali dijual dipasar-pasar terdekat.

#4 Cabe

84 miligram askorbat telah tertanam didalam 100 gram cabe. Rasa pedasnya yang khas dan menyelikit jika digigit ini membuat cabe sering disatukan saat Anda ngemil gorengan, biasanya tahu.

#5 Apel

Tak perlu dijabarkan bagaimana bentuk dan rasanya karenabuah ini acap kali dijadikan makanan penutup ketika makan malam, hitung-hitung membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Terdapat 5 miligram (sedikit jumlahnya) di setiap 100 gram buah apel.

Peranan dan Fungsi Vitamin C Dalam Tubuh


Setiap vitamin pasti memiliki perannya masing-masing, tak terkecuali vitamin C. Berikut ini fungsi dan manfaat vitamin C atau askorbat bagi kesehatan tubuh:

#1 Mencegah Kanker

Salah satu peran vitamin C adalah melawan sel-sel kanker yang akan tumbuh di beberapa bagian tertentu yang biasa ditempeli oleh tumor ganas yang menyiksa tersebut. Dalam beberapa penilitian juga memaparkan bahwa vitamin C juga bisa dijadikan untuk mengusir racun (toksin) dalam tubuh.

#2 Menyehatkan Kulit

Permasalahan pada kulit seperti kulit kusam, kering, bersisik dan sebagainya adalah masalah klasik yang seringkali dialami dan dikeluhkan oleh wanita. Jika Anda mengalami hal serupa, cukup penuhi gizi harian berupa vitamin C Anda untuk mengatasinya.

#3 Mengurangi risiko penyakit jantung

Tadi sudah disebutkan bahwa vitamin C juga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sehingga penyakit jantung bisa Anda cegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Sekarang tak ada yang berani menyangkal manfaat dari vitamin C bagi tubuh. Anda bisa mengolah beberapa sumber tadi menjadi berbagai bentuk seperti jus jeruk dsb.