Sumber Vitamin D (Kalsiferol) dan Fungsi Vitamin D

Vitamin D atau Kalsiferol memiliki sifat yang sama dengan vitamin A dan Vitamin E yaitu mudah larut dalam lemak, dan persamaan lain antara vitamin-vitamin ini adalah masih tergabung dalam vitamin B kompleks. Kalisferol dalam tubuh berperan sebagai alat untuk membentuk struktur tulang dan gigi disamping fungsi kalsium. Vitamin D ini sangat mudah untuk didapatkan, caranya cukup dengan membuat tubuh terkena cahaya matahari pagi.

Gejala yang terjadi akibat difisiensi atau kekurangan kalisferol diantaranya adalah pengeroposan tulang, tulang lemah dan jaringan otot yang lemah. Jika tubuh benar-benar kehabisan gizi berupa vitamin D tak jarang yang meningkatkan kadar gula dalam darah yang berujung pada diabetes dan memicu terjadinya osteomalacia.

Tentu sangat mengerikan sekali jika tubuh kita kekurangan vitamin D terus menerus setiap harinya. Maka dari itu kita harus mensiasatinya sekarang juga dengan melakukan berbagai tindakan, misalnya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang merupakan sumber utama vitamin D bagi tubuh atau bisa juga berolahraga pagi sebelum jam 10, karena matahari di jam-jam seperti itu masih bagus dan tubuhpun akan mudah menyerapnya.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin D


Vitamin D
Berikut ini telah saya pilih beberapa macam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan gizi berupa vitamin D bagi tubuh:

1. Minyak ikan cod

Minyak dari ikan cod banyak dijadikan vitamin. Namun sayangnya jika ditargetkan untuk anaj-anaj biasanya sudah diberi perasa jeruk atau stroberi, karena anak-anak pasti tidak akan tahan dengan aromanya yang aneh. Sebenarnya, pada satu sendok makan minyak ikan cod yang belum diolah dan dicampur dengan bahan lain memberikan 1360 IU kandaungan vitamin D atau 340% kebutuhan gizi harian kita.


2. Susu

Selain menjadi penyedia kalsium yang dibutuhkan oleh tulang susu juga mengandung vitamin D sebanyak 98 IU dalam satu gelasnya (25% kebutuhan gizi harian berupa vitamin D untuk tubuh).

3. Udang

Seafood ini menjadi sumber vitamin D ketiga setelah minyak ikan cod dan ikan tuna. Sekitar 129 IU vitamin D tersimpan dalam 85 gram udang yang bisa Anda telan sehari tiga kali atau memenuhi kebutuhan gizi berupa vitamin D sebanyak 32%.

4. Tuna kalengan

Menjadi penyedia vitamin D kedua setelah minyak ikan cod dan udang yang masih termasuk makanan laut. Sekitar 200 IU vitamin D tertempel di setiap 85 gram ikan tuna yang sudah dijadikan kalengan atau sekitar 50% kebutuhan kalisferol harian.

5. Sereal


Makanan ini sangat cocok dijadikan pengganjal perut sebelum mengikuti rapat atau apel pagi di kantor. Kandugnan vitamin D didalamnya adalah 40 IU setiap segelas sereal atau 10% dari kebutuhan harian Anda.

Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh


Setelah Anda tahu mana saja makanan yang menjadi penyedia vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, sekarang mari kenalan dengan fungsi vitamin ini didalam tubuh. Berikut ini peranannya untuk menunjang kesehatan kita:

# Memelihara Kesehatan Tulang

Vitamin D dalam tubuh berkolaborasi dengan vitamin-vitamin lain untuk memelihara kondisi tulang agar tak mudah keropos dan tetap terjaga proses pembentukannya. Sebenarnya fungsi utama dari vitamin D bagi tulang adalah untuk mengeraskan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor dalam tubuh yang nantinya akan diendapkan pada proses pengerasan tulang.

# Menjaga Kesehatan Kulit


Lain halnya dengan tulang yang keras, bagi kecantikan vitamin D juga mempunyai peran tersendiri dalam tubuh. Yaitu sebagai alat yang bisa diproduksi oleh tubuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Bagi yang ingin awet muda juga bisa dengan konsumsi makanan-makanan sumber vitamin D tadi.

Jika kebutuhan gizi harian Anda terpenuhi, pastinya Anda akan lebih bugar dan semangat dalam menjalankan berbagai kegiatan. Jika Anda ingin tahu kawan-kawan dari vitamin D ini, silahkan cari di kotak pencarian pada blog ini mengenai vitamin B. Salam sehat!