Sumber Vitamin A, Fungsi dan Kekurangan Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk pemeliharaan sel kornea mata, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pembentukan dan pengaturan hormon, serta melindungi tubuh terhadap kanker. Vitamin A banyak terdapat pada sayur-sayuran (wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat), buah-buahan (pepaya), susu, keju, mentega, dan telur.

Vitamin A adalah nutrisi penting bagi tubuh khususnya untuk menjaga kesehatan mata agar ketika melihat tetap jernih. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sifatnya akan melarut jika dicampur dengan lemak. Retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat merupakan beberapa senyawa yang digolongkan sebagai vitamin A, jadi banyak orang yang menyebut vitamin A dengan senyawa yang termasuk golongannya tersebut.

Makanan Sumber Vitamin A


Sumber Vitamin A
Banyak buah dan sayur yang menyimpan banyak vitamin A. Mungkin Anda tak sadar ketika mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin A ini, tapi percayalah bahwa Anda sering mengkonsumsinya.

Untuk mengenal lebih jauh darimana saja makanan yang menjadi sumber vitamin A yang bisa dilihat sebagai berikut:

1. Buah naga

Buah unik yang satu ini adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan sarat beta karoten yang sangat baik untuk memelihara daya lihat mata.

2. Buah apel

Pasti Anda tak asing dengan buah ini, banyak sekali makanan olahan dari buah apel dengan tujuan utama berinovasi dan pastinya membuat peminat lebih menikmati buah ini meski telah dirubah menjadi berbagai olahan.

3. Buah Anggur

Buah manis dengan banyak varian warna ini juga mengandung vitamin A melimpah yang dibutuhkan oleh mata agar terhindari dari penyakit katarak dan degenerasi makula.

4. Wortel

SUDAH PASTI. Orang yang awam dengan kesehatan pun tahu kalau wortel mengantongi segudang manfaat untuk mata. Selain menjaga mata tetap sehat ternyata wortel juga bisa membuat warna mata menjadi lebih jernih, jadi tak heran jika kelinci memiliki warna mata yang mempesona.

5. Buah mangga

Mangga yang sudah matang biasanya berwarna orange mencolok, buah mangga yang sudah seperti ini memiliki kandungan vitamin A cukup banyak. Beda dengan yang masih muda berwana kuning kehijauan yang rasanya asam dan biasanya dikonsumsi ibu-ibu dengan menjadikannya rujak.

6. Sayur bayam

Jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang mencukupi kebutuhan mata agar tetap sehat. Selain nutrisi tersebut, sayur bayam juga menutrisi mata dengan bantuan lutein dan zeaxathin.

7. Paprika

Tubuh akan memperoleh vitamin A sekitar 60% dari satu sendok makan paprika. Selain itu, vitamin A juga merupakan sumber vitamin C, kalium, dan kalsium.

8. Kemangi kering

Kemangi bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan, namun bukan kandungan vitamin A yang membantunya karena nutrisi ini sudah diambil oleh mata untuk memelihara kesehatannya sendiri.

Fungsi Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh


Adapun manfaat dari vitamin A yang melengkapi kesehatan tubuh, berikut ini misalnya:

#Peranan vitamin A untuk mata

Vitamin A sangat berperan penting bagi kesehatan mata, transkripsi gen, memperkuat sistem imun tubuh, dan menjaga kesehatan kulit. Cara kerja vitamin A membantu mata dalam menangkap objek yang dilihat adalah dengan mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina sehingga terbentuk sebuah proyeksi gambar di otak kita sehingga kita bisa mengenal apa objek yang kita lihat.

#Peranan vitamin A untuk imunitas

Selain mata, vitamin A juga berperan penting untuk memproteksi tubuh dari serangan organisme asing yang bisa mempengaruhi sistem imun, seperti bakteri patogen. Mekanisme pertahan ini termasuk ke dalam sistem imun yang berasal dari luar tubuh. Vitamin A akan memperbaiki dan meningkatkan aktivitas sel darah putih dan antibodi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap racun ataupun mikroorganisme parasit.

Sekarang Anda pasti akan lebih semangat untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang kaya vitamin A karena fungsinya sangat baik untuk menjernihkan mata dan memperkuat sistem imun.

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin A

Pernah dengar berat bayi lahir rendah? Pasti pernah kan. Nah, berat bayi lahir rendah yang terjadi dapat memunculkan adanya kekurangan vitamin A. Karena bayi dengan berat rendah, dimana berat badan bayi kurang dari 2,5 Kg lebih mudah terancam kekurangan vitamin A. Pada perkembangan umurnya jika sang bayi tidak segera ditangani mendapatkan asupan vitamin A, penyakit seperti rabun senja, xerosis kornea akan dideritanya.

Penyakit lain seperti penyakit paru-paru autoimun dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Penyakit paru ini akibat kurangnya berbagai vitamin termasuk vitamin A. Biasanya penyakit autonium pada paru-paru ini menyerang orang dewasa yang punya kebiasaan merokok. Namun dapat juga menyerang bayi jika kekurangan asupan vitamin A. Karena menurut tabel defisiensi vitamin, bahwa vitamin A yang memberi pengaruh lebih besar terhadap sel T pada tubuh. Sel T inilah yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

Penyakit akibat kekurangan Vitamin A

– Hemeralopia yang timbul karena menurunnya kemampuan sel basilus pada waktu senja
– Bintik bitot (kerusakan pada retina)
– Seroftalmia (kornea mata mengering karena terganggunya kelenjar air mata)
– Keratomalasi (kornea mata rusak sama sekali karena berkurangnya produksi minyak meibom)
– Frinoderma (kulit kaki dan tangan bersisik karena pembentukan epitel kulit terganggu)
– Pendarahan pada selaput usus, ginjal, dan paru-paru karena rusaknya epitel organ
– Proses pertumbuhan terhenti

Ayo, lengkapi kebutuhan konsumsi vitamin A harian anda jadilah lebih sehat dari biasanya.