Manfaat dan Khasiat Daun Waru Sebagai Obat Tradisional

Khasiat Daun Waru
Pada daun dan batang tanaman waru mengandung zat musilago yang sifatnya melapisi dinding saluran cerna, saluran kencing dan tenggorokan. Sementara zat emolien-nya bermanfaat sebagai antiseptik (pembasmi kuman).

Selain itu, tanaman waru juga mengandung protein dan zat tanin. Tidak heran kalau nenek moyang kita menggunakan tanaman waru sebagai obat-obatan tradisional untuk kesehatan.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh daun waru diantaranya adalah penyakit batuk, dan demam. Daun waru juga biasa dipakai sebagai obat untuk melancarkan buang air kecil dan penyubur rambut.

1. Obat Batuk

Ambillah 11 lembar daun waru muda kemudian diiris-iris. Setelah itu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Beri sedikit gula batu, kemudian diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

2. Melancarkan Air Seni

Ambil beberapa lembar daun waru lalu direma-remas. Tambahkan dengan sedikit adas dan pulosari. Balurkan ramuan ini di sekitar perut bagian bawah.

3. Menyuburkan Rambut

Ambil beberapa lembar daun waru lalu diremas-remas dalam segelas air. Saring air tersebut dan diamkan di luar rumah selama satu malam. Keesokan paginya cuci rambut dengan air perasan daun waru tersebut dan diamkan hingga 10 menit. Lalu keramas rambut Anda dengan air bersih seperti biasa.

4. Obat Demam

Ambil 100 gram daun waru, 3 jari akar tapak liman, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan ini sediki demi sedikit.

Nah, itulah beberapa manfaat dan khasiat daun waru sebagai tanaman obat tradisional herbal alami untuk kesehatan. Selamat mencoba!

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Daun Waru Sebagai Obat Tradisional"

Post a Comment