Daun Beluntas untuk Obat Nyeri Pinggang dan Malaria

Daun Beluntas
Tanaman Beluntas memiliki sebutan berbeda di setiap daerah. Diantaranya beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor). Tanaman obat yang satu ini sering ditemukan di semak-semak dan pagar di perkampungan.

Khasiat tanaman beluntas bersifat Diaforetik, Analgesik dan stomakik. Bagian yang biasa digunakan sebagai obat adalah akar dan daunnya. Di tempat penulis sendiri (Ciamis, Jawa Barat) daun beluntas sering dijadikan bahan ramuan untuk obat malaria dan sakit pinggang.

Akar Beluntas Obat Nyeri Sendi
Bahan: 5 gram akar beluntas segar, 7 gram rimpang kencur segar, 6 gram rimpang temulawak segar, 6 gram rimpang kunyit segar dan air bersih sebanyak 100 ml.
Cara pengobatan: Semua bahan dipipis dan diminum sekaligus sekali sehari.

Daun Beluntas Obat Malaria
Bahan: 30 lembar daun beluntas, 7 lembar daun sirih, 9 lembar daun sembung, 2 genggam daun asam muda, 2 liter air.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 2 liter air hingga tersisa 1 liter. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari pagi, siang dan sore.

Demam

15 helai daun beluntas diseduh dengan segelas air panas. Setelah agak dingin, disaring. Diminum sekaligus 1x sehari.

Bau badan dan bau mulut: Beberapa helai daun beluntas nuda dikukus lalu dimakan sebagai lalap.

Pegal - linu: Beberapa helai daun beluntas diseduh dengan segelas air panas. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Keputihan: 20 helai daun beluntas, 1 akar tapak liman direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus, 1x sehari.

Nyeri pinggang dan pinggul: 1 akar beluntas, 1 ibu jari kencur, 1 ibu jari temulawak, i ibu jari kunyit direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari, sekaligus.

Rematik: Akar beluntas direbus dengan segelas air. Saring, minum 1x sehari sekaligus.

Sakit perut: 20 helai daun beluntas dicuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam dan garam, lalu disaring. Diminum selagi masih hangat. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Nyeri haid: 20 helai daun beluntas dicuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam dan garam, lalu disaring. Diminum selagi masih hangat. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Gangguan pencernaan pada anak: 8 helai daun beluntas dicuci bersih, lalu ditaruh di nasi yang akan ditim.

Semoga artikel singkat mengenai tanaman beluntas ini dapat bermanfaat bagi Anda yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan.