Obat Cacar Air dan Campak Tradisional

Cacar adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus Variola. Umumnya cacar diderita oleh wanita yang sedang hamil (bumil) dan anak-anak usia 10 tahun kebawah. Cacar merupakan penyakit menular, dengan demikian secara otomatis penderita cacar akan lebih mengurung diri dirumah karena tidak ingin menyebarkan virus pada orang lain.

Gejala Cacar Air


Gejala awal penyakit cacar bisa dilihat pada badan yang panas, sakit di beberapa anggota tubuh, serta timbul bintik-bintik berair bening yang dengan sendirinya akan menghilang seiring perkembangan imunitas tubuh ke arah lebih sehat dan kuat.

Penyebab Cacar Air


Selain dikarenakan partikel virus yang menempel pada benda seperti pakaian, tempat tidur dan permukaan selama 1 minggu, cacar juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti berikut.

Pertama, menurunnya sistem imun yang seharusnya bertugas untuk melindungi tubuh dari virus ataupun bakteri penyebab masalah kesehatan. Saat kondisi tubuh melemah, virus Variola dengan mudah masuk kedalam tubuh dan membuat orang tersebut menderita cacar.

Kedua, pola hidup yang tidak sehat bisa juga dijadikan alasan kuat seseorang terkena cacar. Karena masalah ini tidak hanya menyerang anak-anak, berarti ada faktor lain yang ikut serta dalam menyebabkan cacar pada seseorang. Maka dari itu, jangan sepelekan kebersihan rumah, pola makan dan aktivitas harian Anda juga wajib diperhatikan agar terhindar dari cacar.

Obat Cacar Tradisional


Sebetulnya penyakit cacar bisa sembuh dengan sendirinya dan tak akan menyerang penderita yang sama pada kedua kalinya. Beberapa hal yang utama untuk dilaksanakan sang penderita adalah cukup istirahat, makan bergizi, minum multi vitamin dan minum obat sesuai gejala.

Untuk mendukung dan mempercepat proses pemulihan cacar, Anda bisa menggunakan ramuan obat cacar tradisional berikut.

1. Obat penyakit cacar air

Bahan:
15 - 30 gram bunga gendola
3 gelas air

Cara membuatnya:
1. Rebus bunga gendola kedalam 3 gelas air pada panci hingga tersisa 1 gelas.
2. Minum airnya sampai habis selagi hangat.

Ketika cacar biasanya timbul perasaan gemas ingin memecahkan bintik-bintik berair tersebut. Jika Anda tak ingin memperparah keadaan lebih baik hindari atau cegah keinginan tersebut karena hanya membuat bekas yang sulit dihilangkan.


2. Mengobati gatal akibat cacar air

Cacar air menimbulkan lepuh-lepuh seperti luka kena bakar pada kulit yang berisi air. Penyakit ini bisa menular dan menimbulkan rasa gatal pada penderitanya. Untuk menghilangkan rasa gatal silahkan minum ramuan tradisional berikut ini:
  • Bahan: 1 genggam daun asam dan 1 ruas empu kunyit.
  • Cara pengobatan: Daun asam dan empu kunyit ditumbuk halus sampai menjadi adonana. Ramuan ini dioleskan ke bagian tubuh yang gatal.

Penyakit Campak


Campak merupakan penyakit yang statusnya dianggap ringan. Tetapi semenjak mewabahnya penyakit ini pada Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengharuskan setiap orang waspada karena campak adalah salah satu penyakit yang menular dengan cepat jika tidak segera diobati atau ditangani, kabarnya jika terlalu lama dibiarkan penyakit ini bisa berakibat fatal dan berujung kematian.

Penyebab Campak


Secara menyeluruh campak disebabkan oleh virus Paramiksovirus. Virus ini lebih gemar menginfeksi anak kecil yang kondisi kekebalan tubuhnya masih lemah, ditambah lagi asupan gizi yang kurang sehat. Virus ini tersebar melalui molekul air liur dan udara yang berasal dari batuk dan bersin penderita.

Gejala Campak


Virus yang masuk dan telah berkembang biak dalam tubuh bisa dikenali dengan gejala atau tanda-tanda pada tubuh si penderita. Untuk mengenalinya, pertama si penderita akan merasakan lelah cukup serius, mata berair dan meradang diserta pilek dan batuk. Demam yang mencapai 40 derajat Celcius atau lebih dapat berlangsung pada penderita selama 3 sampai 5 hari.

Obat Campak Tradisional


Melihat gejalanya tersebut campak bisa dikategorikan sebagai penyakit yang lumayan sulit dikenali. Terkecuali pada tubuh mulai bermunculan bintik merah disertai demam, tapi berbeda dengan cacar.

Agar tidak memperparah keadaan, segera tangani menggunakan obat campak tradisional berikut ini.

Bahan:
15 - 30 gram bunga gendola.
3 gelas air.

Cara membuat obat herbal campak:
1. Bunga gendola direbus pada panci berisi air 3 gelas.
2. Tunggu hingga airnya mendidih dan menyisakan 1 gelas.
3. Minum airnya sekaligus setelah hangat.

Obat cacar dan campak memnng sama. Jika Anda merasa ragu, saya sarankan untuk berkonsultasi pada dokter agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa terhindari.

Bunga Gendola
Gambar bunga gendola

Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan bekas cacar dengan bahan alami yang tentunya ampuh.