Obat Penyakit Gondok (Cara Mengobati Gondokan Tanpa Operasi)

Cara mengobati penyakit gondok (gondokan) dengan ramuan tradisional tanpa operasi.

Gondok adalah penyakit biasa yang terletak di bawah pangkal tenggorokan bagian depan leher dengan bentuk kelenjar menyerupai kupu-kupu. Gondok biasa terjadi karena adanya pembesaran kelenjar gondok (tiroid). Penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun. Gondok yang statusnya masih biasa atau normal tidak akan menimbulkan gejala yang serius, tetapi jika tidak di obati secepat mungkin lama-kelamaan akan beranjak pada gondok beracun.

Gondok timbul karena kelenjar tiroid mengalami masalah sehingga tidak mampu mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan keperluan tubuh. Sebab lain juga bisa terlaksana karena tubuh kekurangan pasokan yodium yang menyebabkan gondok bersifat endemik.

Hal yang menandakan gondok pada penderita adalah pembengkakan leher akibat kelenjar tiroid yang membesar. Jika pembengkakan menekan saluran pernapasan dan saluran pencernaan, mengakibatkan penderita susah bernapas dan menelan makanan.

Cara Mengobati Penyakit Gondok


Untuk mengobati penyakit gondok, Anda bisa gunakan obat penyakit gondok tradisional berikut ini. Mudah, aman dan tidak menguras kantong, pasti Anda akan senang juga karena reaksi positif lebih cepat terjadi pada Anda.

Sambiloto obat gondokan

Bahan: 30 gram temu putih segar dan 10 gram sambiloto kering.
Pengobatan: Kedua bahan dicuci bersih, rebus dalam panci berisi 600 cc dan biarkan sampai tersisa 300 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari.

Daun dewa obat gondokan

Bahan: 30 gram benalu teh kering dan 30 gram daun dewa segar.
Pengobatan: Semua bahan dicuci bersih, lalu rebus dengan 700 cc air hingga menyisakan 300 cc air. Airnya disaring dan diminum 2 kali sehari.

Akar daruju mengobati penyakit gondok

Bahan: 30-60 gram akar daruju kering dan dua gelas air.
Pengobatan: Cuci bersih akar daruju, lalu rebus bersama 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, kemudian disaring dan minum airnya. Selain itu, akar daruju bisa di tim dengan daging lalu dimakan dengan daginya.

Obat penyakit gondok diatas asli racikan pakar pengobatan tradisional di Indonesia. Tanaman obat yang dipakai pun tidak mudah dicari, jadi Anda butuh sedikit usaha dalam menemukan tanaman obat diatas.

Obat Tradisional Penyakit Gondok


Penyakit gondok merupakan pembesaran dari kelenjar gondok. Letaknya di leher depan bagian bawah. Penyakit gondok ini disebabkan oleh kekurangan konsumsi garam yodium.

Apabila anda atau keluarga atau kenalan Anda terserang penyakit ini, silahkan coba resep tradisional berikut ini yang ampuh untuk menghilangkan penyakit gondok atau gondokan.

Tanaman Jarong
1. Akar Jarong

Bahan: 30 gram akar jarong, dan 2 gelas air.
Pengobatan: Akar jarong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring kemudian diminum sekaligus. Akarnya dilumatkan dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

2. Belimbing Wuluh

Bahan: 10 ranting muda beserta daun belimbing wuluh, 4 siung bawang merah.
Pengobatan: Belimbing wuluh dan bawang merah dicuci bersih, kemduain ditumbuk halus. Balurkan ramuan tersebut di tempat yang sakit.

3. Tanaman Ciplukan

Bahan: 9-15 gram tanaman ciplukan dan 4 gelas air.
Pengobatan: Tanaman ciplukan direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin airnya diminum dua kali sehari masing-masing satu gelas.

Nah, itulah beberapa obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit gondok. Untuk pencegahan, agar tidak terserang penyakit gondok, perbanyaklah mengkonsumsi garam beryodium.

Cara Mencegah Penyakit Gondok


Untuk mencegah gondok tidak berubah jadi beracun dan lebih mengerikan, Anda bisa konsumsi banyak garan beryodium agar gondok tidak bersifat endemik. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang mengandung senyawa untuk mengurangi hormon tiroksin seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, stroberi dan bayam. Terakhir, apabila gondok yang ukurannya sudah besar dan susah untuk mengecil, sebaiknya cepat menjalani operasi.