10 Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan menu makannya setiap hari. Jika tidak pandai memilih makanan, bukan tidak mungkin makanan yang dikonsumsi ternyata memicu naiknya kadar gula darah.

Nah, berikut ini merupakan beberapa contoh makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes karena terbukti mampu menekan kadar gula, seperti dilansir oleh duniafitnes.

1. Kacang-kacangan
Mereka yang rajin mengonsumsi kacang-kacangan sedikitnya satu genggam kacang perhari memiliki prevelensi 5 persen lebih rendah mengalami sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, seperti yang disampaikan tim peneliti dari Louisiana State University. Salah satunya adalah kacang kedelai, dimana kandungan vitamin B kompleks, asam amino dan seratnya mampu menekan kadar gula darah.

2. Buah Apel
Membiasakan makan buah apel atau makanan lain yang kaya akan kuersetin dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung sebesar 20 persen. Makanan lain yang kaya akan kuersetin adalah tomat, bawang dan sayuran berdaun hijau.

3. Buah Jeruk
Siapa yang bisa menyangkal kehebatan buah jeruk bagi kesehatan. Selain rasanya yang segar, buah jeruk kaya akan vitamin C yang berguna mencukupi kebutuhan vitamin C penderita diabetes yang cenderung menurun. Selain itu, kandungan gizi lainnya seperti serat, mineral dan vitamin lain dalam buah jeruk juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Buah Jambu Biji
Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk.

5. Buah Stroberi
Baru-baru ini para ilmuwan di Inggris berhasil menemukan bahwa buah stroberi dapat membantu tubuh mengaktifkan protein yang menurunkan lipid darah dan meningkatkan LDL (kolesterol baik) yang dapat mencegah berkembangnya penyakit diabetes tipe 2.

6. Ikan Salmon
Menurut American Diabetes Association, diabetes berpeluang menyerang dua kali lebih besar kepada orang dengan penyakit jantung. Diet tinggi Omega-3 dianjurkan bagi orang-orang yang bersiko diabetes dan penyakit jantung. Salmon adalah satu dari sekian banyak sumber makanan hewani yang kaya akan Omega-3. Omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

7. Steak
Selain kaya akan protein, zat besi dan vitamin B yang baik untuk kesehatan, steak atau daging sapi juga mengandung CLA (conjugated linoleic acid). CLA dapat membantu memperbaiki metabolisme gula darah yang terganggu, sekaligus memiliki sifat anti kanker yang dibutuhkan tubuh.

8. Buncis
Buncis merupakan makanan tinggi serat, protein dan kaya akan vitamin. Kandungan serta dalam buncis dibutuhkan tubuh dalam melancarkan saluran pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat memperburuk penyakit diabetes.

9. Teh Hijau
Selain dikenal sebagai teh pelangsing tubuh, kandungan flavonoid teh hijau berguna mencegah peradangan kronis yang disebabkan makanan berlemak, tidak pernah berolahraga, dan pola hidup tak sehat lain yang dapat mengakibatkan gangguan organ hati. Jika organ hati mengalami gangguan maka dapat menggagalkan kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah.

10. Kayu Manis
Mengonsumsi kayu manis sebanyak 2 sendok teh setiap hari dapat meningkatkan sensitifitas sel-sel terhadap insulin. Para ahli gizi dari Nutrition Center of Beltsville menemukan bahwa pasien diabetes mengalami penurunan kadar gula darah setelah mengonsumsi kayu manis selama 40 hari. Bahkan, pasien tersebut mengalami tanda-tanda perbaikan pada kesehatan jantung mereka.

Jadi jika Anda salah satu penderita diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut untuk menekan kadar gula dalam tubuh.