12 Makanan Sumber Kalium atau Potassium

Sumber Kalium atau Potassium
Kalium atau Potassium sangat penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot, kalium juga dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.

Kalium ditemukan di hampir seluruh tubuh dalam bentuk elektrolit dan banyak terdapat pada saluran pencernaan. Sebagian besar kalium tersebut berada di dalam sel, sebagian lagi terdapat di luar sel. Mineral ini akan berpindah secara teratur dari dan keluar sel, tergantung kebutuhan tubuh.

Di dalam tubuh, kalium biasanya bekerja sama dengan sodium atau natrium (Na) dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Keseimbangan ini dijaga dengan menyesuaikan jumlah asupan kalium dari makanan dan jumlah kalium yang dibuang.

Makanan yang Mengandung Kalium


Beberapa jenis makanan sebagai sumber Kalium untuk kebutuhan kalium sehari-hari.

1. Buah Pisang
Satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 442 miligram kalium. Sekitar 11 persen dari 4.700 miligram pisang harus dikonsumsi untuk mendapatkan tenaga ekstra.

2. Kacang-Kacangan
Beberapa varietas kacang kaya serat dan protein. Satu cangkir kacang putih kaya kalium sebesar 1.189 miligram. Satu cangkir kacang kapri memiliki 707 miligram kalium. Satu cangkir kacang kedelai memiliki kandungan kalium 970 miligram.

3. Buah Kurma
Setiap butir buah kurma memiliki kandungan kalium sebesar 167 miligram. Buah kering yang kaya serat ini mampu mengalahkan kalium pada pisang.

4. Yogurt (Yoghurt)
226 gram yogurt rendah lemak memiliki kandungan kalium sebesar 531 miligram. Namun, waspadalah saat mengonsumsi yogurt dengan paduan buah di dalamnya. Pastikan buah tersebut tidak kaya gula.

5. Buah Alpukat
Satu buah alpukat mengandung lebih dari dua kali kandungan kalium pada pisang. Yakni sebanyak 975 miligram.

6. Saus tomat
Secangkir saus tomat berisi 800 miligram kalium. Namun, perlu dipastikan saus tersebut tanpa tambahan sodium dan gula.

7. Ikan Halibut dan Salmon
sekitar 85 gram ikan halibut dalam kemasan memiliki kalium sebanyak 449 miligram. Makanan laut yang baik selain halibut adalah salmon dan kerang.

8. Aprikot kering
Aprikot kering kaya kandungan kalium sebesar 257 miligram per porsi seperempat cangkir.

9. Buah Melon
Seporsi melon yang segar kaya kalium sebesar 358 miligram. Untuk kandungan yang setara dengan pisang maka satu buah melon bisa dikonsumsi.

10. Buah Pepaya
Buah berwarna cerah ini memiliki kandungan kalium 264 miligram untuk potongan sekitar 2,5 sentimeter.

11. Kentang
Kentang berukuran medium memiliki kandungan kalium sekitar 542 miligram dan mendorong antioksidan beta karoten.

12. Kerang Laut
Kandungan potassium di dalam kerang membantu menjaga tekanan darah dan mengatur fungsi jantung serta fungsi metabolisme tubuh.

Kasus kekurangan kalium


Sebuah kekurangan kalium jarang terjadi, terutama di negara maju seperti Inggris. Kebanyakan kasus terjadi dimana kondisi seseorang yang sedang sakit muntah, diare atau ketidakseimbangan kondisi tubuh atau dalam kondisi badan yang kurang fit/tidak sehat menyebabkan hilangnya kalium yang terdapat dalam tubuh.

Gejala kekurangan kalium meliputi kelelahan, sembelit dan kelemahan otot. Gangguan fungsi ginjal dan penyakit jantung dapat terjadi dalam beberapa kasus.