7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Hati

Kesehatan Hati
Menjaga kesehatan hati sangatlah penting, karena hati merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika hati rusak, maka fungsinya tidak akan berjalan efektif. Akibatnya racun yang masuk ke dalam tubuh akan menumpuk dan tidak bisa ditawarkan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa makanan yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan hati. Jika ingin hati Anda sehat, sering-seringlah mengkonsumsi 7 jenis makanan ini dalam menu sehari-hari anda.

1. Teh Hijau
Minumlah secangkir teh hijau setiap hari. Kandungan catechin di dalamnya mampu membersihkan kotoran di dalam hati.

2. Air Lemon
Pada pagi hari, minum segelas air lemon untuk mengusir racun dari hati dan melancarkan pencernaan.

3. Buah Berry dan Jeruk
Daripada minum jus buah, sebaiknya nikmati buah segar secara langsung. Keluarga buah berry dan jeruk adalah camilan yang disarankan karena ada banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya.

4. Kunyit
Tambahkan kunyit ke dalam masakan sup atau kaldu untuk membantu proses penyembuhan infeksi hati. Sebab kunyit adalah agen anti inflamasi bagi tubuh.

5. Bok choy (kubis China)
Sayuran China, seperti bok choy (kubis China) adalah makanan lain yang sebaiknya sekali-kali Anda konsumsi. Bok choy akan membantu detoksifikasi racun yang masuk ke dalam hati.

6. Sayuran Pahit
Beberapa makanan yang pahit, contohnya pare, juga menyehatkan hati. Sebab makanan pahit merangsang produksi empedu dan membuat kinerja hati menjadi lebih baik.

7. Bawang Putih
Kabar baik bagi Anda yang suka bawang putih. Pasalnya ada asam amino bernama methionine dalam bawang putih yang membantu hati bekerja lebih baik dan melindunginya dari kerusakan.

Nah, itu dia beberapa makanan yang berfungsi menjaga kesehatan hati. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

0 Response to "7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Hati"

Post a Comment