Bahaya Minum Kopi Dibalik Manfaatnya

Bahaya Minum Kopi
Mengenal bahaya kafein dalam kopi jika dikonsumsi berlebihan. Dibalik manfaat kopi yang baik untuk kesehatan seperti yang sudah saya informasikan dalam artikel sebelumnya, ternyata kopi menyimpan sisi kelam. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik efeknya, termasuk minum kopi.

Batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg. Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga. Sementara dosis kafein yang mematikan adalah setara dengan seratus cangkir kopi, atau 10 gram kafein.

Menyebabkan Ketergantungan
Zat addiktif yang terkandung dalam biji kopi akan membuat orang menjadi ketergantungan, Bagi mereka yang pecandu kopi akan merasa sangat lemah dan lesu jika mereka tidak mendapatkan kopi yang sesuai takaran konsumsi. Menghentikan kebiasaan minum kopi bagi para pecandu akan berefek seperti gejala stress dimana akan merasakan sakit kepala, kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan depresi meski bersifat sementara.

Menyebabkan Obesitas
Kafein dalam kopi dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas, Terlepas dari kebiasaan pecandu kopi yang seringkali menambahkan susu,krim dan gula bahwa kopi ternyata dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan kafein dapat merangsang produksi hormon yang merangsang nafsu makan dan keinginan untuk makanan berkalori tinggi. Meskipun kafein dikenal untuk membantu dengan jangka pendek penurunan berat badan, dalam jangka panjang konsumsi berat lebih cenderung menyebabkan penambahan berat badan.

Menimbulkan rasa cemas
Kafein yang terkandung dalam biji kopi dapat merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan kecemasan dan kegelisahan. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak setiap hari dapat menguras kelenjar adrenal, menurunkan daya tahan terhadap stres dan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Asam Lambung
Memicu sekresi asam lambung, sehingga serangan gangguan pencernaan dan mulas. Pada orang dengan riwayat masalah perut, bahkan kopi tanpa kafein dapat menyebabkan mulas. Nah disatu sisi membuat mules tapi kopi juga dapat digunakan untuk melancarkan BAB (Buang Air Besar).

Hipoglikemia
Kafein dikenal untuk memicu pelepasan glikogen oleh hati, yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah. Kondisi ini juga dikenal sebagai Hipoglikemia (gula darah rendah) dapat menyebabkan kelemahan, gugup berkeringat, dan jantung berdebar-debar.

Masalah Kesuburan
Berpengaruh pada kesuburan wanita, Konsumsi berlebihan kafein dapat berpengaruh pada masalah kesuburan dan bahkan peningkatan risiko keguguran. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi kafein oleh wanita hamil dapat menyebabkan berat badan lahir rendah.

Osteoporosis
Asupan berlebihan kopi mengganggu penyerapan yang tepat nutrisi dan mineral oleh tulang, meningkatkan risiko osteoporosis. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pasca-menopause menemukan bahwa minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun. Namun penambahan susu ekstra untuk kopi hitam adalah salah satu cara untuk mencegah melemahnya tulang.

Dehidrasi
Kopi adalah diuretik kuat dan setelah itu lebih dapat menyebabkan dehidrasi. Banyak orang yang memiliki lebih dari 5-6 cangkir kopi per hari mengeluh dehidrasi dan gangguan kesehatan terkait. Dehidrasi juga mengering kulit, membuatnya lebih rentan terhadap keriput dan stretch mark.

Nah, itu dia bahaya jika terlalu banyak minum kopi. Jadi jangan terlalu banyak yah, secukupnya saja. Takaran umum adalah 3 cangkir kopi maksimal dalam sehari.

0 Response to "Bahaya Minum Kopi Dibalik Manfaatnya "

Post a Comment