Khasiat Tanaman Ceguk Sebagai Obat Tradisional

Khasiat tanaman ceguk (Quisqualisindica Indica L): Tumbuhan ini bersifat Manis, hangat, beracun (toksik). Masuk meridian limpa dan lambung. Sebagai Obat cacing, membantu pencernaan, memperkuat limpa.

KLASIFIKASI : Ceguk disebut Quisqualisindica L. atau Quisqualis ebracteata Beauv. termasuk ke dalam famili Combretaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah wudani, bidani, kacekluk, rhabet, besi tikao atau ceguk.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah akar, daun dan biji serta buahnya. Sedangkan penyakit yang bisa disembuhkan antara lain sebagai berikut:

1. Oxyuriasis (cacing kremi)
Biji digongseng sampai matang, dimakan dengan dikunyah 2 jam sebelum makan. Anak kecil 3-15 biji/ hari, dewasa 15 -30 biji/ hari, untuk 3 kali makan selama 15 hari.

2. Ascariasis (cacing gelang)
Untuk anak-anak gerus 3-5biji, makan. Akar 2 jari direbus dengan 2 cangkir air, tambahkan sedikit gula jawa, sampai tersisa satu cangkir. Minum pagi hari sebelum makan.

3. Ankylostomiasis (cacing tambang)
Biji ceguk dicuci bersih, lalu digiling halus. Seduh dengan air panas 2 cangkir dan 1 sendok makan madu, hangat-hangat diminum malam hari sebelum tidur.

4. Obat Sakit kepala
Daun dilumatkan dan dipakai sebagai tapal pada pelipis.

5. Obat Sakit telinga
Daun bersih ditumbuk dan diperas, air perasannya digunakan sebagai obat tetes telinga.

6. Mengobati jamur di kulit
Buah digiling halus, tambahkan minyak kelapa, balurkan di sekitar kulit yang terinfeksi jamur.