Manfaat dan Khasiat Tanaman Obat Cakar Ayam

Tanaman Obat Cakar Ayam
Khasiat tanaman cakar ayam bersifat anti piretik (penurun panas), anti toxic, anti kanker (anti neoplastik), hemostatik (menghentikan pendarahan), anti bengkak (anti oedem), pembersih darah dan stomakikum.

Klasifikasi: Cakar ayam memiliki nama latin Selaginella doederleinii Hieron, termasuk ke dalam famili tumbuhan Selaginellaceae. Tanaman ini diken­al dengan nama daerah rumput solo atau cemara kipas gunung. Dalam farmakologi cina disebutkan tumbuhan ini memiliki rasa manis dan bersifat hangat.

Kandungan kimia tumbuhan cakar ayam yang sudah diketahui antara lain: Saponin, Phytosterol dan Alkaloid. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah seluruh tanaman , baik dalam keadaan segar atau kering.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman cakar ayam antara lain:

1. Kanker (Kankerrahim, Kanker nasopharynx, Kanker paru, Chorioepithelioma, Choriocarcinoma).
Tanaman 60 gram direbus selama 3 - 4 jam dengan api kecil, minum setelah dingin. Atau 18 tablet decancerlin (= 60 gram tanaman) diminum sehari 3 x 6tablet. (Saran 3x3 kapsul per hari, minum banyak air)

2. Infeksi saluran nafas (Batuk, radang paru, radang amandel (tonsilitis), serak, bronchitis).
Tanaman lengkap 30 gram, direbus, minum. (Saran 3x3 kapsul per hari, minum banyak air)

3. Jari tangan bengkak.
Tanaman cakar ayam dilumatkan, lalu ditempelkan ke tempat yang sakit.

4. Tulang patah ( juga fraktur dan rematik).
Tanaman 15 - 30 gram kering direbus, minum. Untuk obat luar dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang patah, bila patahnya tertutup dan posisi tulang baik.

5. Hepatitis, cholecytitis, cirrhosis (pengecilan hati), perut busung (ascites), infeksi akut saluran kencing.
Rebus tanaman kering 15 - 30 gram selama 3 - 4 jam, minum. (Saran3x2 kapsul per hari, minum banyak air).

Deskripsi tanaman Cakar Ayam

Tumbuhan ini termasuk divisi Pteridophyta yaitu paku-pakuan. Banyak tumbuh pada tebing-tebing, jurang dan tempat-tempat teduh berhawa dingin, di ketinggian < 750m dpl.

Batang tegak, tinggi 15 - 35cm, akar keluar pada percabangan. Daunnya kecil-kecil, panjang 4 - 5 mm lebar 2 mm, bentuk jorong, ujung meruncing, pangkal rata, warna daun bagian atas hijau tua, bagian bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri kanan batang induk sampai ke percabangannya yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya.

1 Response to "Manfaat dan Khasiat Tanaman Obat Cakar Ayam"

  1. yang butuh bibit cakar ayam bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com. Siap kirim ke seluruh Indonesia

    ReplyDelete