Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah Tinggi
Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). Ada yang menderita penyakit tekanan darah tinggi memang harus pandai dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Jangan sampai makanan yang anda konsumsi justru memperburuk penyakit anda.

Nah, jika Anda tidak tahu apa saja jenis makanan yang baik untuk penderita hipertensi, berikut ini saya berikan informasi beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Jeruk
Kandungan vitamin C dan senyawa pada jeruk mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Anda bisa mencoba salad jeruk yang ditambahkan bawang dan minyak zaitun. Sumber vitamin C lainnya: Jambu, brokoli, tomat, stroberi, paprika, dan kiwi.

2. Susu rendah lemak
Manfaat susu tidak sekadar memberikan kekuatan pada tulang. Produk ini juga baik untuk mengatur tekanan darah karena kandungan trio nutrisinya, yakni kalsium, kalium, dan magnesium. Jenis makanan rendah lemak lainnya: hazelnut, gandum, dan yogurt.

3. Pisang
Jika tekanan darah Anda beranjak naik, coba untuk menikmati pisang setiap hari sebagai sarapan pagi. Buah kaya kalium dan serat ini membantu menurunkan tekanan darah. Demikian dituliskan Joal Salge Blake, RD dalam bukunya Nutrition & You: Core Concepts for Good Health. Sumber serat dan kalium lainnya: Kentang, tomat, dan apricot.

4. Ubi jalar
Menurut Blake, tekanan darah dapat diturunkan jika ginjal menjalankan fungsinya dengan baik, yakni mengeluarkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Dan ubi jalar akan membantu menjalankan fungsi tersebut, dengan kaliumnya yang tinggi. Anda dapat mencampurkan ubi jalar, apel, seledri, daun bawang, minyak zaitun, dan madu untuk hidangan salad. Sumber lain kalium: Bit hijau dan yogurt tanpa lemak.

5. Bumbu rempah
Untuk menurunkan tekanan darah, ada baiknya Anda sejenak meninggalkan garam untuk perasa makanan. Ganti kelezatan makanan dengan bumbu rempah seperti jintan, kulit lemon, oregano, dan ketumbar. Bumbu rempah lain yang bebas natrium: bawang merah, bawang putih, cuka, dan perasan lemon.

6. Ikan salmon
Selain menyehatkan sistem kognisi, salmon dengan Omega 3 ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, kolesterol, nemangkas trigliserida, dan menghambat plak pada arteri. Sumber omega 3 lainnya: Tuna, seledri, herring, makarel, sarden, ikan teri.

7. Dark chocolate
Konsumsi cokelat tidak hanya memberikan pengaruh pada suasana hati yang baik. Cokelat dengan kandungan flavonoid melindungi tubuh terhadap tekanan darah tinggi, stroke, dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Dark chocolate yang baik adalah dengan takaran 45 hingga 80 persen kakao.

Baca juga artikel cara menurunkan tekanan darah tinggi dan makanan penambah darah untuk penderita anemia.

0 Response to "Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"

Post a Comment