11 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Manfaat Kopi untuk Kesehatan
Kopi, selama ini dikenal sebagai ancaman bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Tapi tentunya bukan hanya kopi, semua yang berlebihan akan berakibat buruk meskipun awalnya baik. Seperti yang pernah saya tuliskan dalam artikel bahaya kopi untuk kesehatan.

Namun siapa sangka, dibalik predikat buruknya tersebut kopi dengan kandungan kafeinnya masih memberikan manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi sesuai takaran. Berikut ini 11 manfaat kopi bagi kesehatan

1. Mencegah Penyakit

Sebuah studi yang dilakukan peneliti di Universitas Harvard menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi 1-3 cangkir kopi setiap harinya akan menguntungkan kesehatan karena terbukti mengurangi resiko diabetes secara signifikan.

2. Menambah Performa Olahraga

Sebelum Anda berolahraga di rumah atau di gym, cobalah minum segelas atau secangkir kopi, di mana akan melepaskan endorpin di tubuh dalam beberapa menit. Dengan pelepasan hormon tersebut akan meningkatkan mood Anda dalam berolahraga dan akan meningkatkan performa yang lebih lama.

3. Sumber Antioksidan

Secangkir kopi diartikan sebagai ribuan antioksidan yang penting bagi kesehatan, di antaranya melepaskan racun-racun yang menjadi tipe tertentu dari kanker. Dengan antioksidan yang tinggi di dalam tubuh, makan akan membuat Anda sehat luar-dalam.

4. Memperpanjang Umur

Penelitian yang dilakukan National Cancer Institute di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa orang yang sering mengopi memiliki kecenderungan hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak. Memang teori ini masih belum jelas, namun para peneliti mengaitkan hal tersebut dari banyaknya antioksidan yang dimiliki kopi. Selain itu, dengan minum kopi seseorang bisa lebih mudah melepaskan kebiasaan merokok. Terdengar masuk akal?

5. Meningkatkan Kecerdasan

Kopi tidak hanya membuat Anda tetap terjaga, tetapi juga bisa menambah kecerdasan. Kafein, salah satu kandungan utama dalam kopi menjadi perangsang yang dibutuhkan dalam komponen psychoactive yang mampu memblokir neurtrotransmitter yang disebut adenosine si penyebab kemerosotan mood otak. Dengan mengkonsumsi kopi sewajarnya bisa mengatasi permasalahan mental dan meningkatkan kemampuan kognitif yang akhirnya membuat Anda berpikir lebih cemerlang dan mampu mengatasi permasalahan.

6. Baik untuk Fungsi Hati

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kopi bisa mengurangi resiko cirrhosis pada hati, kanker hati, dan juga gangguan fungsi hati. Bagi Anda yang memiliki fungsi hati yang terkontaminasi efek buruk alkohol, sebaiknya mengopilah dari sekarang untuk meredam efek buruk itu lebih jauh. Manfaat ini tidak akan pernah ada dari minuman berkafein lainnya, bahkan teh.

7. Menangkal Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang menganggu dan menyakitkan karena mempengaruhi fungsi sendi dan mobilitas penderitanya dalam jangka panjang. Konsumsi kopi secara teratur bisa mengurasi rasa sakit yang dirasakan dan memberikan ketenangan tersendiri. Hal ini dikarenakan antioksidan pada kopi mampu mengurangi insulin yang menjadi penyebab asam urat.

8. Dapat menurunkan risiko kematian

Pada akhirnya semua akan mati. Tapi kopi tampaknya memperpanjang waktu bagi mereka yang kronis oleh seperti penyakit jantung dan diabetes. Menurut sebuah studi besar 2012, bahkan makin banyak konsumsi kopi ( tiga cangkir atau lebih sehari), makin rendah risiko kematian.

9. Membantu membuat sistem reproduksi Anda bahagia

Jika anda pria yang sedang mencari minuman untuk menurunkan risiko kanker prostat, atau wanita yang ingin menurunkan risiko kanker endometrium, kopi bisa jadi kebiasaan bagus. Sebuah studi pada 2011 menemukan pria yang mengonsumsi setidaknya enam atau lebih cangkir sehari mengurangi risiko kanker prostat sebesar 20 persen. Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker endometrium.

10. Dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

Sebuah studi 2012 menemukan bahwa senyawa dalam kopi benar-benar membantu untuk memblokir suatu zat dalam tubuh yang disebut islet amyloid polypeptide, yang memainkan peran dalam perkembangan diabetes. Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkafein dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes juga.

11. Membantu melindungi otak Anda

Peminum kopi lebih kebal terhadap kemungkinan demensia dan Alzheimer di kemudian hari, menurut sebuah studi 2009. Studi lain yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa hanya bau kopi membantu mengurangi stres yang berhubungan dengan susah tidur.

Segala sesuatu di dunia ini sudah diciptakan berpasangan. Dimana ada efek negatif, maka disitu pula lah akan ada efek positif. Kita hanya perlu melihatnya dari sisi yang lain.

0 Response to "11 Manfaat Kopi untuk Kesehatan"

Post a Comment