Fungsi, Jenis dan Makanan Sumber Karbohidrat Terbaik

Kebutuhan gizi setiap orang umumnya sama, namun yang membedakan adalah nutrisi apa yang harus dicukupi setiap harinya dan apa kegiatan yang kita lakukan setiap hari sehingga membutuhkan gizi harian yang lebih banyak.

Seperti misalnya karbohidrat, pastinya nutrisi yang satu ini tersimpan dalam memori setiap orang dan secara spontan memberi pemaparan bahwa karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh untuk diolah menjadi energi yang nantinya digunakan untuk kegiatan kita sehari-hari. Sebagai tambahan, bagi tumbuhan karbohidrat ini difungsikan sebagai bahan untuk proses fotosintesis.

Fungsi Karbohidrat Untuk Tubuh


Setelah melihat apa saja sejumlah makanan yang menjadi sumber karbohidrat, sekarang kita beranjak pada pembahasan mengenai fungsi karbohidrat bagi kesehatan. Berikut ini peranan karbohidrat dalam tubuh:

Sumber Energi

Karbohidrat adalah komponen terbaik yang digunakan oleh tubuh untuk menciptakan energi (sumbernya). Setiap gram karbohidrat menghasilkan 4 kkal. Lokasi bersarangnya karbohidrat lebih banyak pada sirkulasi darah sebagai glukosa untuk kebutuhan energi, dibagian hati dan jaringan otot yang menjadi glikogen dan sisanya menjadi lemak untuk cadangan energi.

Penghemat Protein

Didalam tubuh, ada dua nutrisi yang digunakan oleh tubuh untuk menciptakan energi. Sumber utamanya berasal dari karbohidrat, namun jika kekurangan nutrisi ini, protein lah yang digunakan sebagai gantinya atau cadangannya untuk memenuhi kebutuhan energi dan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Dan sebaliknya, jika karbohidrat harian tercukupi maka protein hanya bertugas sebagai zat pembangun.

Pengatur Metabolisme Lemak

Karbohidrat menangkal terjadinya reaksi oksidasi lemak yang kurang sempurna, sehingga terbentuklah material keton berupa asam asetoasetat, asetot dan asam beta-hidroksi-butirat. Material yang terbentuk tadi mengakibatkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi. Pada keadaan ini menimbulkan ketosis atau asidosis yang dapat merugikan tubuh.

Karbohidrat terbagi dalam beberapa jenis, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.

Monosakarida adalah jenis karbohidrat yang bentuknya paling sederhana berdasarkan susunan unsurnya karena hanya terbuat dari beberapa atom C. Monosakarida meliputi glukosa, fruktosa dan galaktosa.

Disakarida adalah jenis karbohidrat yang tercipta dari dua molekol monosakarida dan bergabung melalui gugus - OH dengan jalan melepaskan molekul air. Disakarida meliputi sukrosa, maltosa dan laktosa.

Polisakarida adalah karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida. Polisakarida meliputi amilum, selulosa dan glikogen.

Makanan yang Mengandung Sumber Karbohidrat


Sebelum kita mengupas informasi mengenai karbohidrat Anda wajib mengenal apa saja nama-nama makanan yang menjadi sumber karbohidrat, berikut daftarnya:

1. Beras merah

Beras merah atau nasi merah menyumbangkan berbagai nutrisi yang telah tersimpan secara alami didalamnya seperti serat, magnesium, zat besi, vitamin B, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan karbohidrat kompleks. Fungsi lain beras merah adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah (LDL) tanpa mengurangi jumlah kolesterol baiknya (HDL).

2. Roti gandum

Sekarang Anda tak perlu repot-repot untuk mencari roti gandum karena di minimarket sudah banyak terjejer dibagian roti-roti. Namun, Anda juga harus pintar-pintar dalam memilih roti gandum karena ada yang kandungan karbohidratnya sedikit.

3. Kacang-kacangan

Sejumlah kacang-kacangan ini (kacang merah, kacang hijau, kacang buncis, kacang panjang, kacang kedelai dan kacang polong) menjadi penyuplai karbohidrat yang bisa Anda makan disaat-saat kelaparan pada waktu mendesak. Mengonsumsi kacang-kacangan tersebut bisa mengganjal perut lebih lama daripada nasi.

4. Buah apel

Buah apel ini menjadi salah satu primadona untuk tubuh kita, sebab berbagai nutrisi yang dikandungnya benar-benar penting untuk tubuh, diantaranya adalah kalsium, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin K dan kalium. Apel ini juga tinggi karbohidrat dan rendah kalori.. Untuk penyakit, apel bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung karena kandungannya ada yang bekerja dalam melancarkan pencernaan.

5. Oatmeal

Oatmeal atau sereal adalah opsi kedua yang bisa Anda santap ketika sarapan. Karbohidrat didalamnya juga cukup tinggi sehingga Anda tak usah ragu untuk melahapnya.