Macam-Macam Jamur: Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Macam-Macam Jamur: Manfaat Jamur Bagi Kesehatan-Dalam kebudayaan Cina dan Jepang, sudah sejak lama jamur dipercaya sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Oleh karena itu, selain memanfaatkannya untuk dikonsumsi, jamur juga dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dan berikut ini adalah beberapa jenis jamur yang memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti dikutip oleh Gen22 dari laman Fiday Magazine.

Maitake dapat melawan kanker payudara.
Setengah cangkir jamur maitake per hari dapat membersihkan sistem Anda dan menemukan sel-sel abnormal. Jamur ini juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh dari sistem kekebalan tubuh.

Jamur tiram untuk HIV.
Jamur tiram sedang diteliti sebagai pertahanan terhadap kemungkinan HIV. Karena tinggi kandungan senyawa antioksidannya, jamur ini dapat menjadi obat kanker.

Chanterella.
Jamur ini seperti terompet mini, sering dikaitkan dengan sifat antimikroba, bakteri, dan jamur. Jamur ini juga kaya akan vitamin C, D, dan kalium.

Porcini untuk anti-inflamasi.
Jamur ini digunakan sebagai obat antiinflamasi. Porcini ergosterol mengandung senyawa sitotoksik yang mampu menyerang sel-sel musuh. Sitotoksisitas berkualitas menjadi racun bagi sel. Contoh zat beracun adalah zat kimia, sel kekebalan, atau beberapa jenis racun.

Shimeji dapat mengobati asma dan tumor.
Jamur ini mudah ditemukan dalam makanan Asia atau sebagai hiasan. Shimeji mengandung beta-glukan, menurut National Cancer Institute of Japan, senyawa ini adalah obat untuk memperlambat dan menghancurkan tumor yang tumbuh di dalam tubuh. Jamur shimji juga dapat mengobati diabetes, asma, dan alergi tertentu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyembuhan.

Jamur putih untuk menurunkan berat badan dan mencegah kanker prostat.
Kategori jamur ini meliputi jamur kancing dan jamur Portobello. Jamur putih mengandung karbohidrat yang mempercepat metabolisme dan menjaga kadar gula darah. Metabolisme yang cepat membuat tubuh membakar lebih banyak lemak. Makan sekitar 85 gram jamur putih setiap hari selama empat sampai enam minggu dapat membantu menurunkan berat badan. Jamur juga kaya akan selenium yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki efek positif pada kanker prostat.

Jamur shiitake melawan tumor.
Jamur ini mengandung lentinan yang merupakan senyawa anti-tumor alami. Lentinan merupakan polisakarida anti-tumor intravena yang diisolasi dari tubuh shiitake (Lentinula edodes). Lentinan juga telah disetujui dapat membantu kanker lambung di Jepang sejak 1985.

Lentinan adalah salah satu obat anti-kanker yang telah terbukti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jamur shiitake sendiri telah dikembangkan oleh Jepang menjadi pengobatan anti-kanker yang cukup menguntungkan. Pada gilirannya, jenis jamur ini juga merupakan sumber vitamin D. Konsumsi sekitar 110 - 140 gram per hari dapat membuat tubuh tetap fit.

Reishi sebagai obat anti-kanker.
Jamur yang terlihat seperti bunga putih besar dan cokelat yang terbuat dari kayu memiliki sifat-sifat berikut: anti-kanker, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur. Jamur reishi merupakan asam gandodermic yang membantu menurunkan kolesterol, yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Makan beberapa gram jamur reishi per hari dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan risiko tekanan darah tinggi.