Berbagai Jenis Makanan untuk Kesehatan Tulang

Makanan untuk Kesehatan Tulang
Menjaga kesehatan tulang adalah hal yang penting. Kenapa? Karena seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang mulai menurun. Beberapa penyakit tulang seperti osteoporosis dapat menyerang kapan saja. Namun untuk menjaga kekuatan tulang di masa tua nanti, tentu harus dilakukan sedini mungkin.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan memberinya nutrisi yang dibutuhkan. Apa sih nutrisi yang dibutuhkan tulang supaya sehat dan kuat? Jawabannya adalah kalsium dan vitamin D. Dan semua itu bisa didapat dari makanan. Untuk jenis-jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi, bisa Anda lihat dalam artikel berjudul "12 Jenis Makanan Sumber Kalsium Tinggi". Disini kita hanya akan membahas berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D.

Oke, berikut ini makanan yang kaya vitamin D dan sangat baik untuk kesehatan tulang.

1. Jamur

Jamur merupakan sumber makanan vitamin D. Jamur juga memiliki kandungan seng dan kadar protein.

2. Minyak hati ikan cod

Ini merupakan suplemen yang kaya vitamin D. Minyak ikan ini merupakan ekstraksi dari hati ikan cod. Tersedia dalam bentuk kapsul atau emulsi.

3. Ikan tuna

Kebanyakan ikan yang menghuni perairan laut dingin mengandung banyak vitamin D. Namun, tuna merupakan sumber yang baik dari vitamin D. Tertinggi dibandingkan dengan ikan lain.

4. Telur

Telur kaya akan vitamin D. Namun, telur tidak dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin D. Oleh karena itu, kita harus memakannya dengan makanan lain yang juga kaya vitamin D.

5. Produk kedelai

Produk kedelai adalah makanan kaya vitamin D. Susu kedelai akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

6. Ikan salmon

Salmon adalah ikan spesies air dingin yang juga tinggi vitamin D. Ikan ini sebaiknya dipanggang dan tidak digoreng untuk mempertahankan nilai gizi yang maksimal di dalamnya.

7. Tiram

Tiram, seafood yang kaya berbagai nutrisi penting. Selain kaya vitamin D, tiram juga mengandung banyak vitamin B12, selenium, tembaga, besi, dan nutrisi lain.

Sepertinya tidaklah terlalu sulit untuk mendapatkan semua jenis makanan di atas. Ayo, sayangi tulang anda dengan memberinya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan.

0 Response to "Berbagai Jenis Makanan untuk Kesehatan Tulang"

Post a Comment