9 Pilihan Makanan Sumber Zat Besi untuk Waita

Bicara tentang zat besi, sebenarnya saya sudah membahasnya dalam artikel "20 Makanan yang Mengandung Sumber Zat Besi Terbaik". Namun pembahasannya masih sangat umum. Nah, disini kita akan membahas mengenai sumber zat besi terbaik untuk para wanita.

Berdasarkan United State Departement of Agriculture (USDA), para wanita membutuhkan setidaknya 18 miligram besi per hari. Kebutuhan akan zat besi tersebut bisa didapat dari makanan. Nah, berikut ini adalah bebeapa jenis makanan sumber zat besi yang baik untuk para wanita.

1. Kacang
Satu cangkir kacang mengandung sekitar 6,59 miligram besi. Selain besi, kacang juga kaya serat dan vitamin A. Kacang bisa digunakan sebagai camilan atau makanan pembuka.

2. Bayam
Satu cangkir atau setara 100 gram bayam mengandung 6,43 miligram besi. Bayam kaya vitamin A, kalsium, dan potasium untuk memperkuat otot.

3. Nasi putih
Satu cangkir atau setara 100 gram nasi putih mengandung 7,97 miligram besi. Kandungan besi semakin banyak bila nasi putih dikonsumsi bersama asupan lain, misalnya bayam.

4. Daging sapi
Tiga ons daging sapi atau setara 85 gram mengandung 5,24 miligram besi. Selain besi, daging sapi juga kaya protein yang membantu pemulihan tubuh setelah olahraga.

5. Kacang merah
Satu cangkir atau setara 100 gram kacang merah mengandung 5,2 miligram besi. Kacang merah juga asupan yang kaya serat, vitamin C, dan protein.

6. Tiram
Tiga ons tiram atau setara 85 gram mengandung 5,91 miligram besi. Tiram juga kaya kalsium yang baik untuk kesehatan.

7. Tomat
Satu cangkir atau setara 100 gram tomat mengandung 3,39 miligram besi. Konsumsi tomat juga mencegah penuaan kulit dengan kandungan antioksidannya. [ Khasiat Buah Tomat ]

8. Kacang chickpea
Satu cangkir atau setara 100 gram chickpea mengandung 4,74 miligram besi. Kacang ini juga kaya serat, yang membantu menekan tensi darah dan kolesterol.

9. Kentang
Satu kentang kecil mengandung kurang lebih 2,7 miligram besi. Sebaiknya asupan ini dikonsumsi dengan cara kukus atau bakar, supaya tidak perlu tambahan minyak yang berarti memasukkan ekstra lemak ke dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa pilihan makanan sumber zat besi yang baik untuk para wanita. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.