5 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Daun pepaya atau (carica pepaya) adalah salah satu tumbuhan yang sangat mudah ditemukan di indonesia. Tanaman ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Mulai dari akar, buah pepaya muda untuk sayuran, bunga untuk sayur dan obat, buah yang matang dapat menjadi sumber vitamin, dan daun pepaya dapat digunakan sebagai penyembuh berbagai penyakit dan juga dapat digunakan untuk lalapan berteman dengan sambal pedas. Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa saja kandungan yang terdapat pada daun pepaya, berikut referensi terlengkap untuk anda.

Daun pepaya memiliki beragam zat yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15mg, vitamin C 140 mg, kalori 79 kal, protein 8,0 gram, lemak 2 gram, hidrat arang 11,9 gram, kalsium 353 mg, fosfor 63 mg, zat besi 0,8 mg, air 75,4 gram, kandungan carposide berfungsi untuk membunuh cacing atau dapat digunakan sebagai obat cacing.

Khasiat Daun Pepaya
Setelah mengetahui lebih jauh mengenai kandungan yang terdapat pada daun pepaya kini saatnya kami menginformasikan kembali kepada anda mengenai 5 manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh:

1. Menambah nutrisi pada balita
Sebagai seorang ibu anda tentu merasa khawatir jika buah hati mengalami kekurangan nutrisi, untuk mengantisispasi hal ini anda dapat menggunakan daun pepaya sebagai solusi terbaik agar buah hati anda terhindar dari gizi buruk atau kekurangan nutrisi.

Kandungan vitamin dan mineral pada daun pepaya dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Siapkan 1 lembar daun pepaya muda cuci hingga bersih, kemudian rebus hingga mendidih dengan menambahkan 2 gelas air. Saring dan ambil air rebusan tersebut. minumkan air rebusan untuk balita anda 2 sdm setiap hari.

2. Obat sakit perut bagi balita
Sedih dan gelisah ketika melihat buah hati kita terbaring sakit terutama karena gangguan pencernaan atau sakit perut yang berkelanjutan. Nah, sebagai solusinya anda dapat menggunakan resep daun pepaya. Sediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih. Kemudian tumbuk semua bahan hingga halus. Aplikasikan sebagai bedak pada perut buah hati anda. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi perut kembung dan juga sakit perut.

3. Anti kanker
Beberapa peneliti telah membuktikan bahwa batang dan daun pada pepaya mengandung getah putih mirip seperti susu yang dapat berfubgsi untuk obat anti kanker. Nah, getah tersebut akan anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi daun pepaya dengan pengolahan apapun.

4. Sebagai pelunak daging
Ingin masakan daging anda terasa istimewa saat disantap? Daun pepayalah solusi terbaik hingga saat ini. getah yang terkandung pada daun papaya mengandung enzim papain yang dapat melunakkan daging secara alami. Cara yang anda lakukan cukup mudah yakni dengan merebus daun pepaya bersama dengan daging yang hendak anda olah. Rebus selama 30 menit.

5. Obat jerawat alami
Cara untuk mengolahya yakni siapkan daun pepaya yang sudah dicuci bersih kemudian jemur hingga kering. Setelah kering tumbuk daun tersebut hingga halus. Kemudian tambahkan dengan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk masker. Kemudian aplikasikan pada area wajah anda dimalam hari, diamkan hingga pagi dan cuci hingga bersih. Untuk hasil maksimal lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu dan dijamin wajah anda akan bersih bebas noda jerawat.

Itulah 5 manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh yang dapat anda gunakan sebagai tips ampuh mengobati berbagai penyakit untuk balita dan dapat juga digunakan untuk mempercantik kulit wajah anda.

Baca juga artikel mengenai kandungan manfaat daun kelor serta manfaat daun salam untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.