5 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Jika pada karya tulis yang terdahulu kami memberikan referensi seputar manfaat madu bagi kecantikan kini kami memberikan referensi baru yakni 5 manfaat madu bagi kesehatan. Pasalnya madu memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh anda. hal ini juga dikuatkan oleh berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengenai manfaat madu, hal serupa juga telah dijadikan kebiasaan oleh para raja untuk menamabah stamina mereka menjadi lebih segar dan sehat. Bahkan ada sebuah sejarah menceritakan bahwa sebelum antibiotik diitemukan pada tahun 1930, madu menjadi solusi terhandal untuk mengobati berbagai penyakit.

Namun semakin canggih perkembangan zaman, banyak manusia menggunakan cara modern untuk mengobati berbagai penyakit yang mereka alami. Padahal madu masih memiliki khasiat yang lebih sempurna hingga saat ini.

Manfaat Madu
Berikut kami paparkan lebih jelas mengenai 5 manfaat madu bagi kesehatan:

1. Dapat meringankan penyakit asma atau penyakit pernafasan lainnya
Asma adalah satu penyakit pada bagian pernafasan yang sangat mengganggu jika tidak diobati sesegera mungkin, bahkan banyak juga yang mengalami penyakit ini dan berujung pada kematian. Dan untuk mengantisipasi hal ini anda dapat menggunakan madu untuk mengganti berbagai campuran gula yang anda gunakan sehari-hari. Sebuah studi di bulgaria telah menemukan bahwa terdapat 18.000 pasien bahwa madu dapat digunakan untuk mengobati penyakit bronkitis kronis, bronkitis asma, alergi, rinitiis kronis, dan sinusitis. Selain itu madu juga dapat menjadi obat herbal yang manjur untuk mengobati penyakit lainnya seperti flu dan infeksi pada bagian pernafasan.

2. Dapat mempercantik dan menghaluskan kulit
Sudah tidak asing lagi ditelinga kita jika madu dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kulit kita. Pasalnya madu memiliki kandungan asam glukonaty, asam organik, yang berfungsi untuk membuat sel-sel kulit mati menjadi lebih longgar. Hal ini akan berdampak baik untuk proses regenerasi, mengurangi keriput, dan garis penuaan, dapat membuat kadar minyak menjadi seimbang, serta dapat menjadikan kulit menjadi lebih fleksibel dan elastis.

3. Dapat merangsang proses pertumbuhan jaringan
Kandungan propolis, enzim, serbuk sari, vitamin dan mineral yang terdapat pada madu dapat merangsang proses pertumbuhan jaringan. Semua kandungan tersebut sangat baik jika digunakan untuk mengobati berbagai luka bakar karena akan mempercepat penyembuhan serta dapat mengurangi jumlah jaringan parut yang dapat diakibatkan dari luka tersebut.

4. Mengobati berbagai luka atau borok
Selama ratusan abad terdahulu madu telah dikenal dan digunakan sebagai obat untuk luka dan borok. Karena madu memiliki kandungan glukosa dan enzim yang sering disebut dengan oksidase glukosa. Oksidase glukosa berfungsi untuk memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida dan bersifat antiseptikyang amat kuat. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan PH 5,5 hiingga 8,0 dan natrium. Sedanggka PH madu murni hanya sebanyak 3,2 dan 4,5 sangat rendah dalam mengaktifkan enzim. Sedangkan darah memiliki pH lebih tinggi serta mengandung natrium sehingga dapat memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Kolesterol LDL adalah enis kolesterol jahat yang sangat merugikan bagi tubuh. Nah bagi anda yang mengalami penyakit ini anda dapat mengganti gula anda dengan menggunakan madu. Meski memiliki rasa yang tidak semanis gula namun madu memiliki glikemik yang lebih rendah dan darah dapat menyerap secara bertahan.

Nah, demikianlah 5 manfaat madu bagi kesehatan yang dapat kami informasikan untuk anda, semoga info tersebut dapat membuat anda lebih rajin untuk mengkonsumsi madu murni. Semoga bermanfaat!.