6 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Diantara dedaunan lainnya, daun sirih memiliki peranan yang amat penting bagi kesehatan tubuh. Pada daerah tertentu di indonesia daun sirih dan buahnya menjadi salah satu daun yang harus dikonsumsi, terutama ketika ada acara adat pernikahan atau acara lainnya. Daun sirih yang juga dikenal dengan bahasa latin yakni Piper betle, dan hidup dengan cara merambat. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia terutama di Indonesia bagian timur. Daun sirih menyimpan beberapa kandungan zat yang belum tentu dimiliki oleh daun dan tumbuhan lainnya.

Untuk menambah pengetahuan anda berikut kami paparkan seputar beberapa manfaat dan khasiat daun sirih bagi kesehatan:

Manfaat Daun Sirih
1. Dapat digunakan sebagai obat alami radang teggorokan
Selain dapat digunakan untuk menginang, ternyata daun sirih juga dapat bermanfaat untuk obat alami radang tenggorokan. Resep yang dapat anda lakukan adalah dengan cara merendam 3 lembar daun sirih dengan menggunakan 3 gelas air panas yang sudah mendidih. Dinginkan sejenak dan gunakan untuk berkumur. Angkat kepala anda sewaktu berkumur, anda dapat sedikit merasakan air rebusan daun sirih hingga pada bagian pangkal tenggorokan. Cara ini dapat anda lakukan 3 kali dalam sehari.

2. Obat tradisional penyakit jantung
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang terjadi di Indonesia. Namun anda dapat mengantisipasinya dengan menggunakan daun sirih. Siapkan 3 hingga 5 lembar daun sirih potong halus rebus dengan 4 gelas air diamkan hingga tersisa menjadi 2 gelas. Saring dan minum 2 kali dalam sehari.

3. Dapat mengobati luka bakar
Selain dapat mengobati luka bakar, daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat koreng atau gatal, kurap pada kaki, bisul dan menghilangkan rasa gatal. Caranya anda dapat merebus daun sirih dan gunakan air rebusan tersebut pada bagian yang anda perlukan. Atau cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan menghancurkan daun sirih hingga lumat kemudian mengaplikasikan pada daerah yang terasa gatal atau pada luka bakar anda. Bisa juga dengan menggunakan cara berikut:
Siapkan 6 lembar daun sirih, 1 ruas jahe kuning, 1sdt minyak kayu putih. Haluskan semua bahan yang telah disediakan, dan kemudian gosokkan secara perlahan pada area yang terasa gatal atau yang perlu disembuhkan.

4. Obat mimisan
Mimisan atau keluarnya darah pada bagian lubang hidung anda dapat diatasi dengan cara menggunakan daun sirih. Yakni dengan cara menggulung daun sirih seukuran dengan lubang hidung anda, kemudian masukkan pada lubang hidung anda. Agar darah yang keluar mampu dihambat dengan sempurna.

5. Mengobati mencret atau diare
Yang perlu anda lakukan adalah siapkan 6 biji merica dan 6 lembar daun sirih 1 sdm minyak kelapa murni. Tumbuk hingga semuanya tercampur dengan rata dan halus. Gosokkan secara merata pada area perut dan pusar anda. Diare yang anda alami akan segera membaik, begitupun perut kembung angin akan keluar dari alat ekskresi anda.

6. Obat kumur alami
Bagi anda yang sering merasakan bau mulut yang kurang sedap dan mengganggu rasa percaya diri anda, anda dapat menggunakan daun sirih sebagai ramuan manjur. Yakni dengan cara merebus daun sirih dan gunakan air rebusan sebagai antiseptic atau berkumur. Lakukan cara tersebut 2 kali dalam sehari. Mulut dan nafas anda akan terasa segar dan fresh.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih yang dapat anda jadikan resep andalan. Bagi anda yang mengalami beberapa hal yang kami sebutkan diatas anda dapat melakukan resep tersebut. selamat mencoba!.

Masih banyak daun-daunan yang bisa dijadikan sebagai penjaga kesehatan anda. Misalnya daun kemangi dan daun sirsak yang biasa digunakan sebagai obat herbal.