7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. hal ini dibenarkan juga oleh beragam media asing, karena kempuhannya dalam menjaga stamina dan kesehatan tubuh sehingga kelor mendapat julukan sebagai “miracle tree”. Beberapa penelitian juga telah membuktikan secara ilmiah akan kandungan kelor yang berfungsi mutlak untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga dapat digunakan sebagai obat alami berbagai penyakit.

Daun kelor juga dapat menjaga tubuh terhindar dari gizi buruk. Hal ini telah dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi gizi buruk yang pernah terjadi di Afrika. Kini gizi buruk yang terjadi negara tersebut dapat mengalami penurunan secara drastis setelah mengkosnumsi daun kelor.

Daun Kelor
Ingin tahu lebih lanjut 7 manfaat terampuh dari daun kelor berikut referensinya untuk anda:

1. Dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh
Kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Hal ini dapat disebabakan karena faktor makanan yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung lemak jenuh. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi daun kelor secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol bahkan sebanding dengan obat atenol. Yakni obat yang dapat menurunkan kadar lemak pada tikus. Daun kelor juga memiliki kandungan senyawa bio aktif yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Mengatasi rasa ngilu dan linu
Rasa ngilu yang sering terasa pada bagian kaki, punggung dan pinggang terasa sangat mengganggu aktivitas. Untuk megatasi hal ini anda dapat menggunakan solusi dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Pasalnya daun kelor mengandung pterigospermin yang dapat merasngsang kulit yang dapat difungsikan untuk param serta dapat menghangatkan. Cara lain yang dapat anda lakukan selain dengan mengkonsumsi secara langsung adalah dengan cara melumat daun kelor dan membalurkan secara merata pada area yang terasa nyilu. Hal ini terbukti sangat ampuh karena daun kelor bersifat analgesik.

3. Sebagai obat alami anti inflamasi
Kelor memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Kandungan mineral pada daun ini sangat tinggi dibanding dengan sayuran lainnya. Penelitian juga mebuktikan bahwa daun kelor mampu menghambat aktifasi NFKB dan dapat menurunkan protein dan tumor.

4. Kadar vitamin C yang sangat tinggi
Vitamin C selain berfungsi untuk memutihkan kulit juga dapat berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang hendak menyerang tubuh kita. buah-buahan memang memiliki kandungan vitamin C, namun tahukah anda jika vitamin C yang terkandung pada daun kelor 7 kali lipat lebih tinggi daripada buah-buahan.

5. Mengandung pottasium
Kandungan pottasium sangat berguna untuk saraf dan otak. Dan daun kelor memiliki kandungan pottasium lebih besar hingga 3 kali lipat dibanding dengan buah-buahan seperti pisang.

6. Tinggi kalsium
Yang sering kita dengar kandungan kalsium yang paling besar bersumber pada susu, namun kadar kalsium yang dimiliki daun kelor lebih tinggi hingga 4 kali lipat dibanding dengan susu murni. Daun kelor yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu menguatkan kembali tulang yang mulai renta, dapat membantu menstabilkan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan di India daun kelor juga dapat digunakan sebagai obat diabetes.

7. Antimikroba
Daun kelor memiliki khasiat anti mikroba, antiradang, mencegah terjadinya herpes (HSV-1), HIV dan AIDS.

Itulah 7 manfaat dari daun kelor yang bisa kami informasikan untuk anda, semoga dengan info tersebut anda dapat memanfaatkan daun kelor yang tersedia disekeliling anda. terus kunjungi karya tulis kami jika anda ingin mendapatkan referensi terbaik dan update.

Lihat juga artikel mengenai manfaat daun singkong dan manfaat daun binahong untuk kesehatan serta pengobatan tradisional.