9 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

Daun kemangi dikenal dalam bahasa latin yakni Ocimum Basiilium yang memiliki arti tumbuhan yang memiliki aroma. Jika mendengar kata kemangi hal yang pertama terngiang didalam benak kita adalah campuran sambal dan lalapan pedas yang menggugah selera makan sehingga manambah nafsu makan. Tidak hanya memiliki aroma dan rasa yang sedap kemangi juga memiliki berbagai manfaat.

Komponen gizi yang terkandung pada daun kemangi diantaranya adalah: kolagen yang berfungsi sebagai senyawa protein yang berpengaruh pada integritas struktur sel pada semua jaringan ikat. Seperti pada bagian tulang rawan, denting gigi, matriks tulang, juga mengandung mineral makro, fosfor, kalsium, magnesium, yang sangat berperan penting untuk membantu pembentukan tulang, membantu mengaktifkan reaksi enzim didalam tubuh.

Khasiat Daun Kemangi
Dan berikut adalah referensi 9 manfaat daun kemangi bagi kesehatan organ tubuh:

1. Menunda menopouse
Kemangi memiliki kandungan zat triptofan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya menopouse. Anda dapat mengolah kemangi menjadi campuran berbagai menu masakan yang dapat anda coba dirumah.

2. Mengobati keputihan
Keputihan menjadi salah satu penyakit yang pernah dialami oleh setiap wanita. Untuk menghilangkan keputihan anda dapat mencoba dengan menggunakan daun kemangi. Karena daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

3. Menyehatkan jantung
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun kemangi dapat memelihara kesehatan jantung. Kandungan betakaroten dan magnesium yang dimilikinya menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Merangsang sel telur
Daun kemangi sudah terbukti ampuh untuk proses pematangan sel telur (ovulasi) karena pada daun kemangi terdapat kandungan senyawa stigmaasterol yang berfungsi untuk merangsang pematangan sel telur atau (ovulasi).

5. Atasi penyakit stroke
Kandungan isoflavon pada daun kemangi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah (artery). Adapun makanan yang mengandung kandungan tersebut selain kemangi adalah kacang-kacangan; kedelai, buncis, kacang polong.

6. Obat anti radang
Kemangi dapat digunakan sebagai obat anti radang karena memiliki kandungan nicole, myrcene, dan eugenol yang ditemukan pada daun kemangi. Memiliki fungsi untuk antibiotik dan antiradang.

7. Membuat mata sehat
Kemangi memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk mengobati infeksi pada area mata, serta dapat berfungsi untuk mencegah gangguan mata. Selain dapat menyehatkan mata daun kemangi juga dapat membuat aroma mulut menjadi lebih segar.

8. Redakan demam yang disebabakan masuk angin
Bagi anda yang memiliki buah hati balita yang sedang mengalami masuk angin anda dapat menggunakan kemangi sebagai solusinya. Yakni dengan cara ambil beberapa lembar daun kemangi cuci bersih kemudian remas dengan tambahan bawang merah dan minyak kelapa murni oleskan secara merata pada perut buah hati anda pada bagian dada, perut dan punggung.

9. Lancarkan Asi sang bunda
Bagi anda ibu yang sedang menyusui tentu membutuhkan kadar Asi yang cukup tinggi. untuk melancarkan Asi bagi sang buah hati alangkah baiknya jika sang bunda mengkonsumi daun kemnagi sebagai lalapan atau olahan menu makanan lainnya. Hal ini sangat membantu bunda untuk melancarkan Asi.

Nah, demikianlah informasi mengenai 9 manfaat daun kemangi bagi kesehatan organ tubuh. Bagi anda yang tidak menyukai daun kemangi alngkah baiknya jika anda merubah opini anda mengenai daun kemangi. Semoga karya tulis kami dapat membuat anda membuka mata dan mencoba untuk mencintai daun kemangi. Anda akan mendapatkan berbagai manfaat penting jika mengkonsumsi daun kamangi secara rutin. Selamat mencoba!.

Baca juga artikel lainnya dalam manfaat daun salam dan manfaat daun pepaya bagi pengobatan untuk menambah wawasan anda tentang kesehatan.