Inilah Segudang Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

Singkong adalah makanan umbi-umbian yang masih memiliki peminat yang sangat banyak khususnya di Indonesia, namun akhir-akhir ini olahan daun singkong pada berbagai menu makanan menjadikan daun singkong dikenal hingga penjuru dunia. Daun singkong memiliki rasa yang lezat apalagi jika diolah sebagai bahan urapan. Selain memiliki aroma dan rasa yang tak terkalahkan daun singkong juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. sebelum kami jelaskan lebih jauh akan manfaat daun singkong bagi tubuh kita, kami akan memaparkan terlebih dahulu mengenai kandungan daun singkong.

Singkong memiliki kandungan protein nabati sebagai unsur yang dapat menumbuhkan sel tubuh dan membantuk sebuah komponen berbentuk enzim. Mengandung asam amino yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Fungsi dari asam amino adalah dapat membantu meregenerasi sel yang sudaj tidak berfungsi atau rusak, meningkatkan daya imun dan daya ingat, menguatkan tulang, serta dapat membantu sistem metabolisme dalam tubuh.

Daun Singkong
Kandungan lainnya yang dimiliki daun singkong adalah klorofil atau zat hijau daun yang dapat digunakan sebagai anti-kanker dan antioksidan.

Berikut kami berikan info lebih lanjut mengenai segudang manfaat daun singkong untuk kesehatan:

1. Memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi
Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung pada daun singkong dapat membuat tubuh lebih sehat dan stamina tetap terjaga

2. Dapat menurunkan berat badan secara alami
daun singkong memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga sangat baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Selain cara tersebut lebih ekonomis cara ini juga lebh sehat dan tidak menimbulkan evek negatif pada oragn tubuh lainnya.

3. Dapat mengobati rematik
Rematik adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu dan terasa nyilu pada bagian kaki. Hal ini akan sangat mengganggu aktivitas harian anda. untuk mensiasati hal ini anda dapat menggunakan resep berikut:
  • siapkan daun dingkong segar kira-kira 7 lembar, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya
  • campurkan semua bahan dan tumbuk hingga halus atau blender.
  • Beri air sedikit demi sedikit, aduk hingga merata.
  • Setelah tercampur rata anda dapat segera mengoleskan ramuan tersebut pada bagian yang terasa sakit.

4. Mengobati diare
Diare secara berlebih dapat membuat tubuh terasa lemas, nah daun singkong dapat dijadikan obat diare. Yakni dengan merebus daun singkong yang sudah dicuci bersih dengan mencampur dengan air sebanyak 900cc. Kemudian saring rebusan air tersebut bagi menjadi 2 bagian. Konsumsi 2 kali dalam sehari.

5. Dapat mengobati mata kering
daun singkong adalah jenis daun yang sangat mudah ditemukan dipasar tradisional denga harga yang sangat terjangkau. Siapa sangka daun singkong yang memiliki rasa gurih ini memiliki khasiat untuk mengobati mata kering yang sering disebabkan oleh radikal bebas, debu maupun faktor lainnya. Adapau cara yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • ambil beberapa lembar daun singkong segar cuci hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus atau dapat menggunakan blender,
  • setelah halus kompreskan pada area mata kering anda.
  • diamkan beberapa menit dan buka.

Itulah segudang manfaat daun singkong bagi kesehatan yang dapat anda lakukan jika anda sedang mengalami gangguan penyakit seperti diatas. Untuk hasil terbaik lakukan cara tersebut secara rutin. Dengan menggunakan cara yang lebih alami akan membuat tubuh anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai efek negatif.

Baca juga artikel mengenai manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan manfaat duan waru untuk rambut. Semoga info tersebut dapat bermanfaat bagi anda.