Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Buah sirsak adalah salah satu buah yang berasal dari Amerika tengah yakni karibia, sirsak disebut juga Annona murica yang memiliki peran luar biasa didunia medis maupun obat herbal. Pasalnya tumbuhan ini sangat kaya akan fungsi mulai dari buah hingga daunnya dapat difungsikan secara sempurna untuk kesehatan.

Sebuah penelitian membuktikan jika buah sirsak mengandung vitamin C, fruktosa, vitamin B1, dan B2. Jika anda masih penasaran dan ingin mengkaji lebih dalam mengenai manfaat daun sirsak untuk pengobatan tradisional berikut akan kami berikan referensi terlengkap untuk anda:

Daun Sirsak
1. Dapat menyerang sel kanker secara efisien tanpa menimbulkan rasa kurang nyaman seperti rasa mual, menurunnya berat badan, dan tidak menimbulkan rambut rontok. Dengan menggunakan daun sirsak dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit kanker tanpa menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi pada pengobatan kemoterapi.

2. Dapat membunuh sel-sel jahat yang bersarang pada tubuh. Seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker pada bagian pangkreas.

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengolah daun sirsak sebagai obat untuk kanker yakni dengan cara berikut: rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan menggunakan 3 cangkir air. Rebus hingga mendidih diamkan hingga tersisa1 gelas. Nah, anda dapat membuat ramuan tersebut dan mengkonsumsinya 2 kali dalam sehari.

3. Selain anti kanker, daun dan buah sirsak juga dapat digunakan sebagai anti bakteri, anti jamur, menormalkan sistem saraf yang kurang beraturan didalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dapat melawan berbagai penyakit yang ditimbulkan dari parasit atau cacing.

4. Dapat mengobati diare
Bagi anda yang memiliki buah hati yang mengalami diare berlebih dalam sehari, anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai ramuan paling manjur untuk menghentikan diare buah hati anda. Adapun cara yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut: anda dapat memeras buah sirsak yang sudah masak, kemudian saring. Untuk bayi gunakan dosis ringan yakni 3 sdm setiap hari.

5. Mengobati ambeien
Sama seperti cara mengatasi diare yang telah kami sampaikan diatas. Yakni dengan memeras buah sirsak yang sudah masak kemudian memerasnya dan saring. Konsumsi 1 gelas perasan sirsak 2 kali dalam sehari.

6. Mengobati sakit pinggang
Daun sirsak bemanfaat untuk mengobati sakit didaerah pinggang akibat terlalu capek. Resep yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit pinggang tersebut yakni dengan cara rebus 20 lembar daun sirsak pilih yang sudah tua tambahkan 5 gelas air kemudian rebus hingga mendidih dan bersisa 3 gelas. Saring rebusan tersebut kemudian konsumsi 1 kali dalam sehari.

7. Mengobati rematik
Memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati rematik yakni dengan cara menumbuk beberapa lembar daun sirsak hingga halus kemudian tempelkan pada bagian yang terasa sakit rematik. Diamkan hingga sakit yang timbul mulai menghilang atau berangsur baik.

Adapun efek yang akan anda alami saat mengkonsumsi minuman yang terbuat dari daun sirsak adalah rasa hangat pada area perut anda, badan akan berkeringat deras. Cara yang kami berikan adalah murni cara alami dengan menggunakan bahan daun sirsak.

Cara alami tentunya tidak dapat langsung bereaksi dan hasil langsung terlihat namun memerlukan kurun waktu hingga 3 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda juga harus mengkonsumsi minuman tersebut secara rutin agar hasil dapat terlihat sesuai dengan yang anda inginkan. Itulah beberapa manfaat daun sirsak utuk pengobatan tradisional yang dapat anda coba di rumah.

Lihat juga artikel mengenai manfaat buah sirsak dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.