Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Rambut merupakan mahkota bagi pria dan wanita. Semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang angin menerpanya, mungkin itulah peribahasa yang cocok untuk mahkota alami kita ini. Tidak hanya rambut bercabag, kering, dan rambut rontok saja yang menjadi masalah rambut, kutu rambut juga menjadi masalah tersendiri.

Kutu rambut ini bisa membuat kita menjadi minder untuk bergaul dengan orang lain. Mengapa, kerana biasanya jika seseorang mengetahui jika dirambut kita ada kutunya, maka orang tersebut akan menghindari dari kita agar tidak tertular kutunya. Selain itu jika kutu dan telurnya sudah banyak berkembang dikepala kita, bau amispun akan tercium dari rambut kita. Untuk itu perlu diadakan suatu tindakan untuk mengusir kutu dari rambut kita. Cara mengusir kutu rambut ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara kimia dan alami. Saya pribadi lebih suka cara yang alami, karena efeknya samping kecil bahkan tidak ada bila dibandingkan dengan cara kimia. Namun, ada baiknya jika kita bahas satu per satu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami


Kutu Rambut
Menggunakan minyak kayu putih dan jeruk nipis

Minyak kayu putih tidak saja digunakan sebagai penghangat tubuh, melainkan juga dapat digunakan sebagai pengusir kutu dari rambut anda jika dikombinasikan dengan jeruk nipis. Cara penggunaannya adalah dengan campurkan 4 sendok makan minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis secukupnya, lalu balurkan campuran tadi kerambut anda, diamkan selama kurang lebih 2 jam. Lalu bilas dengan air bersih, anda juga bisa menggunakan shampoo agar hasilnya lebih bersih.

Bawang merah

Saudara dari bawang putih ini ternyata juga eksis untuk diandalkan sebagai pengusir kutu dari rambut anda. Cara menggunakan untuk mengusir kutu dengan bawang merah pun cukup mudah. Caranya, sediakan 5 siung bawang merah atau sesuai kebutuhan, kupas dan parut atau bisa juga dihaluskan. Setelah dirasa cukup halus, oleskan parutan bawang merah tadi kepangkal dan kulit rambut anda sampai merata. Sambil menunggu sekitar 1 sampai 1,5 jam, lakukan juga pemijatan pada rambut anda. Setelah itu bersihkan dan keramas seperti biasa.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga ampuh untuk mengusir kutu dari rambut anda. Caranya, hangatkan terlebih dahulu minyak kelapanya, setelah itu balurkan dari pangkal rambut sampai ujung rambut anda. Jika sudah tutup dengan shower cap atau plastic topi mandi, lalu diamkan selama 6 jam. Mengingat tips ini membutuhkan waktu yang cukup lama, ada baiknya untuk melakukan tips ini pada saat malam ketika hendak tidur. Keesokan harinya saat anda bangun, langsung keramas seperti biasa. Manfaat lain dari minyak kelapa ini juga untuk merawat rambut rontok dan rambut kering yang susah diatur.

Cara Mencegah dan Membasmi Kutu Rambut


Guanakn sisir rapat

Semakin rapat sisir yang anda gunakan maka semakin besar kemungkinan juga untuk anda menyeret kutu dari rambut anda. Dikalangan orang jawa, sisir rapat ini sering disebut dengan nama serit. Untuk mendapatkannya sangatlah mudah, anda hanya perlu pergi ke pasar – pasat tradisional, pasti disana banyak pedagang yang menjualnya. Namun jangan sering menggunakan serit ini, karena ini juga dapat menyebabkan rambut anda rontok.

Potong rambut

Kutu sangat suka sekali dengan tempat yang lembab, tempat yang lembab sendir bisa didapat kutu jika rambut anda masih tebal dan panjang. Untuk itu anda perlu memotong rambut anda agar kutu tersebut tidak betah dirambut anda karena kepanasan.

Menjaga kebersihan rambut

Kutu sangat tidak suka dengan kebersihan dan kewangian. Kedua hal tersebut dapat anda dapatkan ketika anda berkeramas. Dengan berkeramas berarti anda sudah membersihkan dan mengusir kutu dari rambut anda.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan kaitannya dengan cara menghilangkan kutu dari rambut. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika anda merasa ini bermanfaat, anda dapat membagikannya dengan menekan tombol share. Mungkin juga anda memiliki tips lain untuk mengusir kutu dari rambut, maka dari itu silahkan tuliskan dikolom komentar. Sekain dari saya dan terima kasih sudah berkunjung.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara kimia


Obat kimia yang biasanya diperjualbelikan dipasara untuk membasmi kutu rambut adalah pedikulisida. Obat ini biasanya dijual dalam bentuk lotion dan juga cair. Caranya menggunakannya adalah dengan cara mengoleskan pedikulisida pada rambut kita. Walaupun obat kimia, pedikulisida ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mematikan kutu rambut dan harus diulang beberapa kali.

Bahan aktif yang terkandung dalam pedikulisida sendiri adalah insektisida jenis peritroid, yang mana peritroid  ini dapat ini akan menggangu system saraf dalam serangga dan menyebabkan serangga tersebut mati. Itulah sedikit cara kerja pedikulisida. Kerugian lain dari pedikulisida adalah pedikulisida tidak dapat membunuh telur kutu yang masih berada didalam cangkangnya.

Hal yang perlu diingat dari pedikulisida ini adalah, jangan digunakan untuk anak – anak dan balita. Dalam penggunaannya sendiri, sebelum dan sesudah memakai pedikulisida anda dilarang untuk melakukan keramas.