Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting, sama seperti kita menjaga organ tubuh lainnya, misal jantung, ginjal dan paru-paru.

Seluruh manusia di muka bumi ini tentu mendambakan gigi yang putih dan sehat, apalagi jika tampak berkilau yang membuat senyumannya tak ragu untuk sekalian unjuk gigi. Gigi merupakan salah satu aset setiap manusia yang tak ternilai harganya, namun sayang kita semua menyadari mahalnya harga gigi tersebut disaat sudah rusak, berlubang, dan keropos. Sehingga rasa kepedulian kita terhadap gigi baru muncul disaat gigi mengalami masalah.

Di zaman yang semakin trendi ini membuat sebagian orang melulu untuk membuat gigi nya menjadi paling indah diantara orang-orang lain. Sehingga gaya hidup sebagian orang khususnya wanita menjadi lebih tak berdaya dalam mengatur keuangan, berbagai produk yang dibuat untuk memperindah gigi di borong tanpa sepengetahuan diri apajah produk atau obat tersebut mampu membuat giginya menjadi paling indah.

Contoh saja, pemakaian kawat gigi atau yang lebih familiar dengan sebutan ‘behel’, seharusnya alat ini dipasang pada gigi yang tidak rata dengan tujuan meratakan gigi agar terlihat lebih menarik. Namun tidak untuk beberapa tahun kebelakang, segelintir orang menanggapi bahwasanya kawat gigi juga bisa dipakai untuk ‘bergaya’. Kenapa begitu? Entah, hal ini tidak bisa dijawab oleh ahlinya, tapi kalau boleh saya beropini mereka yang sengaja memasang kawat gigi tanpa tujuan adalah karena tertarik dengan motif ataupun warna yang menghiasi kawat gigi tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi
Cara Menjaga Kesehatan Gigi
Anda harus tahu kalau hal tersebut sebenarnya menjadi salah satu pemicu terjadinya kerusakan gigi, kenapa? Sebab untuk pemakaian dengan maksud meratakan gigi pasti orang yang memakainya lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan. Misal, setelah makan tentu banyak sisa makanan yang menyangkut di kawat dan bagian menggumpal dari behel tersebut, tetapi karena mereka sangat menginginkan memiliki gigi yang rata, tentu nalar akan bertindak disini yaitu membersihkan sisa makanan yang nantinya bisa merusak gigi jika dibiarkan. Lain halnya dengan yang memakai behel untuk gaya-gayaan, mereka pasti kurang peka terhadap kesehatan gigi, buktinya jelas dari pemakaian behel tanpa tujuan tersebut adalah hal yang aneh.

Jadi untuk sekarang jagalah kesehatan gigi Anda sebaik mungkin agar sampai tua nanti gigi Anda tetap kuat dan bersih. Tak perlu menggunakan obat pemutih gigi atau produk yang telah dicampur dengan zat kimia yang awalnya memang bisa memperindah gigi, namun efek negatifnya akan terasa jauh hari setelah pemakaian produk tersebut. Alih-alih mendapatkan gigi yang putih berseri malah bakteri yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi


Seperti pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu pada kali ini saya ingin menyampaikan beberapa tips ataupun cara menjaga kesehatan gigi yang menurut saya paling sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan, apa saja? Yuk disimak.

Perawatan Gigi Harian
  1. Sehari minimal Anda menggosok gigi sebanyak 2 kali dengan pasta dan sikat gigi yang tepat diserta teknik penggosokan gigi yang benar.
  2. Sebisa mungkin untuk mengganti sikat gigi yang Anda gunakan 3 bulan sekali. Tapi, jika sebelum 3 bulan sikat gigi yang Anda pakai bulunya sudah rusak maka cepat-cepat diganti.
  3. Sebagai tambahan, jangan lupa juga merawat mulut Anda dengan cara membersihkan lidah setelah menggosok gigi agar bakteri yang menyebabkan bau mulut bisa dibasmi.
  4. Untuk mencegah gigi berlubang, gunakan pasta gigi yang mengandung flouride tinggi.
  5. Anda bisa menggunakan obat kumur seperti Listerine untuk menyegarkan mulut dan memutihkan gigi.

Perawatan Gigi Dengan Selektif Memilih Makanan dan Minuman
  • Makanan yang manis memicu terjadinya kerusakan gigi (gigi berlubang), jadi sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung gula tinggi.
  • Untuk mencegah mulut bau dan gigi kering, imbangi juga dengan konsumsi buah yang mengandung air cukup banyak seperti apel, pir, dan stroberi.
  • Minumlah 8 gelas air putih tiap hari.
  • Jangan lupa memasukkan sayur hijau dalam menu harian Anda. Brokoli dan bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan mineral untuk menunjang kesehatan gigi.
  • Gigi sama seperti tulang yang membutuhkan kalsium untuk menguatkannya. Anda bisa konsumsi keju, susu, dan telur sebagai asupan gizi berupa kalsium untuk gigi.
  • Agar gigi Anda tidak menguning atau memudarkan warna putih yang sebelumya telah Anda miliki, hindari konsumsi minuman bersoda, teh, kopi, atau minuman berawarna lainnya terlalu sering.
  • Gigi kuning juga bisa disebabkan oleh rokok, untuk itu stop kebiasaan merokok.

Dengan menerapkan cara menjaga kesehatan gigi diatas maka berbagai masalah seperti gigi keropos, berlubang, dan gigi kuning bisa menjauh dari Anda.

Selain melakukan perawatan diatas masih ada yang tertinggal yaitu makanan yang baik untuk kesehatan gigi, apa saja? Simak lagi yuk.

Makanan Yang Menyehatkan Gigi
  • Kaya akan Fosfor dan Kalsium: Daging ayam, daging sapi, keju, kacang-kacangan, dan susu.
  • Kaya akan air: Buah-buahan seperti pir, apel, dan sayuran seledri.
  • Kaya akan vitamin C: Jeruk, nanas, sirsak, belimbing, stroberi, jambu biji, dan kiwi.
  • Kaya akan vitamin B dan asam folat seperti sayuran hijau dan whole wheat.
  • Kaya akan polifenol: Teh hitam dan teh hijau.
  • Juga kaya akan antioksidan: Buah anggur, kiwi, jeruk, dan stroberi.

Anda bisa makan makanan yang mampu menyehatkan gigi dan gusi diatas pukul 10:00 pagi dan juga 15:00, yang jelas anggap saja seperti sedang ngemil. Itulah informasi singkat yang intinya membahas tentang cara menjaga kesehatan gigi.