Manfaat Daun Jarak, Biji, Getah Pohon Jarak

Tanaman jarak memiliki banyak manfaat mulai dari daun, biji buah, akar dan getahnya sebagai obat tradisional.

Jarak adalah tanaman yang mempunyai sebutan berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Di Sumatera, orang sana menyebut tanaman jarak dengan nama Dulang dan Gloah. Sementara di Madura, jarak dikenal dengan nama Kalek. Nama tidaklah penting, yang jelas tanaman ini telah banyak dibudidayakan sebagai penunjang hidup keluarga dan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Sebetulnya, jarak adalah tumbuhan beracun yang sangat berbahaya jika dikonsumsi. Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada riwayat kematian seseorang akibat mengonsumsi tumbuhan jarak. Dikatakan tumbuhan beracun karena pada bagian biji buah jarak terkandung zat yang sangat berbahaya yang dinamakan ricin. Ricin adalah racun yang lebih dikenal dengan istilah castor bean.

Manfaat Tanaman Jarak

Pohon Jarak
khasiat tanaman jarak
Oleh karena racun yang banyak terkandung pada biji, orang-orang lebih memilih daun jarak sebagai obat tradisional. Sebenarnya apa saja sih manfaat daun jarak untuk kesehatan? Simak bersama-sama yuk.

Daun jarak memperbesar alat kelamin

Daun jarak sering dicari oleh para pria yang ingin dikategorikan sebagai ‘pria perkasa’. Hal tersebut karena daun jarak mempunyai kemampuan untuk memberbesar penis.

Cara pemakaiannya adalah dengan menyiapkan bahan berupa 10 lembar daun jarak beserta batangnya dan satu buah jeruk nipis. Kedua bahan dibubuhkan atau ditumbuk hingga halus. Sebelum dibalurkan pada alat vital, lakukan sedikit pemijatan dengan minyak zaitun sampai terasa hangat. Jika sudah, barulah lakukan pemijatan kedua kalinya dengan ramuan tadi. Jangan langsung dihabiskan karena ramuan tersebut bisa dipakai untuk 3 kali pemijatan.

Daun Jarak Mengobati Radang Telinga

Gangguan kesehatan akibat influensa yang mendadak ini memang terdengar cukup asing. Radang telinga bisa dilihat dari gejalanya seperti suhu tubuh meningkat, telinga menjadi sakit dan terdengan suara seperti berdengung sehingga membuat Anda seakan menderita tunarungu.

Untuk mengobatinya, gunakan daun jarak. Caranya dengan mengambil getah jarak pagar sebanyak setengah sendok makan, kemudian teteskan sebanyak 6 tetes ke dalam telinga. Dalam sehari bisa melakukan pengobatan ini sebanyak 6 kali hingga telinga berfungsi normal untuk mendengar.

Getah Jarak Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Makanan tidak bergizi dan kuman yang berevolusi dalam gigi bisa mengakibatkan gigi berlubang dan berujung pada rasa sakit yang benar-benar membuat seseorang menderita. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, jangan biarkan rezeki Anda diambil orang, segera obati sakit gigi tersebut.

Caranya dengan meneteskan getah jarak pada kapas, kemudian ditempelkan pada area gigi yang sakit akibat berlubang. Getah jarak mampu mengobati sakit gigi karena dianugrahi sifat antimikroba yang mampu membasmi bakteri seperti jenis staphylococcus, Streptococcus dan Escherechia Coli.

Getah Pohon Jarak Mengobati Sariawan

Sariawan juga hampir sama dengan sakit gigi, tapi lebih terasa ringan dibanding sakit gigi. Ketika sariawan tentu Anda kesulitan untuk mengunyah, apalagi jika lokasi sariawan tepat di tengah lidah, benar-benar menjengkelkan.

Maka dari itu, obati sariawan dengan memanfaatkan getah jarak. Caranya dengan mengambil getah langsung dari pohon jarak, lebih tepatnya di bagian tangkai pohon jarak. Getah yang sudah diambil tadi langsung dibasuh pada bibir atau daerah mulut yang ditempeli sariawan. Dengan demikian, lambat laun sariawan akan mengempes dan hilang.

Daun Jarak Mengatasi Sakit Perut

BAB macet seperti jalanan di jakarta? Segera atasi dengan daun jarak. Pertama Anda harus memetik 4 lembar daun jarak pagar yang masih segar karena berfungsi sebagai pencahar ringan. Kemudian, dilanjutkan dengan mencuci daun, lalu kukus hingga layu dalam dandang. Makan daunnya yang sudah dikukus, lakukan pengobatan ini minimal seminggu sampai sembelit (konstipasi) atau BAB macet minggat.

Cukup demikian ulasan mengenai manfaat tanaman jarak untuk kesehatan, semoga dapat membantu mengatasi masalah Anda berkaitan dengan kesehatan.