Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun seledri menyandang nama Latin Apium graveolens atau lebih akrab disapa sebagai daun sop. Disebut sebagai demikian karena daun seledri banyak dijadikan pengharum sayuran berkuah, contohnya adalah sop. Tanaman ini sangat mudah dibeli di pasar ataupun jika Anda ingin membudidayakannya tidak perlu membeli lahan, cukup menanam di perkarangan rumah sudah bisa membuat tanaman ini tumbuh subur (asalkan dirawat).

Seluruh bagian tanaman seledri telah dikenal karena manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Pada akar seledri sendiri berkhasiat dalam memacu enzim pencernaan dan diuretik (peluruh urine), sementara buah ataupun bijinya sangat baik dalam hal meredakan kejang (karena bersifat antispasmodik), menurunkan asam urat dalam darah, mencegah rematik dan bersifat sebagai penenang (sedatif).

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Seledri
Daun seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
Penjabaran lebih singkat soal daun seledri dan manfaatnya bagi kesehatan bisa langsung Anda simak pada urian berikut ini.

Mengobati rematik

Daun seledri berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengobati sakit pinggang dan rematik. Bisa dikatakan tanaman ini sebagai obat yang cukup efektif dalam hal mengatasi rematik. Yang perlu diingat ketika memanfaatkan tanaman ini sebagai obat haruslah memilih yang segar dan bersih.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Dampak negatif dari tekanan darah yang tinggi atau hipertensi diantaranya adalah memicu seseorang terserang stroke atau penyakit jantung. Sebelum terlambat, Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menyiapkan daun seledri utuh kurang lebih 100 gram, kemudian basuh dengan air hingga bersih, tumbuk hingga halus. Tuangkan 100 ml air putih, kemudian masak hingga matang. Saring airnya dan minum sampai habis.

Menebalkan Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh harus diperhatikan dengan benar, jangan sampai Anda membiarkannya melemah jika tak ingin terserang beragam jenis penyakit. Untuk membantu memperkuat sistem imun, Anda bisa gunakan daun seledri sebagai solusinya. Kandungan zat besi, vitamin A dan Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan untuk menguatkan daya tahan tubuh dari penyakit.

Meredakan pembengkakan atau peradangan

Apabila Anda menderita karena radang sendi, rematik dan asam urat, maka gunakanlah daun seledri untuk mengurangi rasa sakit dengan bertahap. daun seledri mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat sempurna dalam memulihkan radang sendi, nyeri sendi ataupun pembengkakan. Konsumsi daun seledri secara rutin lambat laun menbuat tubuh semakin sehat.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

seledri
Khasiat daun seledri untuk kesehatan rambut
Sisi menguntungkan lainnya dari daun seledri adalah mampu diolah sedemikian rupa hingga bermanfaat juga untuk kecantikan. Tidak percaya? Silahkan Anda baca apa saja manfaat daun seledri untuk kecantikan.

Menghitamkan rambut secara alami

Pewarnaan rambut di salon banyak yang dilakukan tanpa sepengetahuan kita apakah bahan dasarnya menyehatkan rambut atau kebalikannya. Oleh karena itu, untuk memperkecil risiko terjadinya kerusakan rambut lebih baik Anda buat warna rambut jadi hitam alami, caranya dengan memanfaatkan daun seledri. Pakar kecantikan juga memaparkan bahwa daun seledri dapat menghitamkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

Menyuburkan rambut

Hormon setiap orang berbeda. Hormon dibutuhkan oleh rambut agar bisa tumbuh dengan subur. Bicara soal kesuburan rambut, daun seledri ternyata juga dapat membuat rambut jadi lebat dan hitam pekat sebab kandungan protein nabati dalam daun seledri dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut yang rontok jadi subur kembali.

Mengatasi kulit wajah yang berminyak

daun seledri membantu mengikis minyak berlebih pada kulit wajah, tapi jika berlebihan dalam penggunaan daun seledri juga bisa mengakibatkan kulit wajah jadi kering. Oleh karena itu, lebih baik Anda konsumsi secara wajar agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kulit wajah.

Bagi Anda yang sebelumnya masih ragu dengan manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan, sekarang bagaimana? Mungkin Anda akan lebih gemar untuk memasukkan daun seledri ke berbagai menu masakan untuk keluarga.