Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat daun sukun untuk kesehatan dan obat tradisional.

Daun sukun adalah daun dari buah sukun. Daun sukun menyumbang banyak manfaat bagi kesehatan. Ada yang mengatakan bahwasanya daun sukun yang sudah tua dan jatuh dari pohon (alias gugur), dapat kita manfaatkan untuk mengobati pembesaran prostat, menurunkan kadar glukosa dalam darah dan pengobatan gagal ginjal secara tradsional. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan lebih jeas karena para ahli tidak uji coba dengan penelitian lebih jauh.

Daun yang buahnya berasal dari negara beriklim tropis seperti Indonesia ini disebut-sebut sebagai tanaman kehidupan. “Memang apa yang mendasari setiap orang mengatakan demikian? Jika benar daun sukun dikatakan sebagai tanaman kehidupan, apa saja manfaatnya untuk kehidupan?”. Mungkin pertanyaan tersebut terpintas sejenak dalam pikiran, maka dari itu untuk membuktikan apakah persepsi tersebut benar, Anda bisa mengetahuinya secara detil dari ulasan berikut ini.

Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Tradisional

Daun Sukun
Daun sukun sebagai obat tradisional
Daun sukun mengandung asam amino esensial yang tidak mampu untuk tubuh produksi sendiri seperti histidine, lysine, methionin, isoleusin, tryptophan dan valin. Kandungan atau senyawa lain yang ikut serta menjaga kesehatan tubuh dari daun sukun adalah riboflavin, hidrosianat, asteilcolin dan tannit.

Melihat begitu melimpahnya nutrisi yang terkandung dalam daun sukun, sangat mustahil jika daun sukun tidak berkhasiat untuk kehidupan manusia. Berikut ini penjelasan lebih detil mengenai manfaat daun sukun untuk kesehatan.

Melindungi Ginjal Dari Ganggguan Kesehatan

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat vital. Jika ginjal sudah tidak mampu bekerja dengan optimal, maka tubuh akan mengalami ketidakseimbangan kondisi kesehatan, contohnya jumlah urine yang dikeluarkan lebih sedikit dari biasanya.

Untuk itu daun sukun mempunyai peran lebih dalam tubuh, khususnya menjaga kesehatan ginjal dari gangguan a. Anda bisa mengolahnya dengan cara mudah, pertama bersihkan beberapa daun sukun. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Air rebusan tadi Anda minum sehari 2 kali.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Penderita kolesterol tinggi sangat rentan terhadap obesitas atau kegemukan. Maka dari itu segera cegah sebelum terlambat, yaitu menggunakan daun sukun. Untuk pengobatannya sendiri tergolong cukup mudah, Anda hanya perlu membuat teh yang dibuat dari segenggam daun sukun kering. Tambahkan bangle, lalu seduh dengan air panas. Minum keduanya secara rutin tiap hari.

Mengobati Sakit Jantung

Jantung yang rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling umum adalah tingginya tekanan darah dalam tubuh. Oleh karenanya, Anda wajib menyembuhkan penyakit tersebut dengan tumbuhan herbal seperti daun sukun yang telah melewati serangkaian penelitian untuk menentukan manfaatnya bagi kesehatan.

Caranya, ambil satu lembar daun sukun yang sudah tua namun masih menempel dipohon. Setelah itu basuh perlahan dengan air bersih dan jemur sampai kering hingga air tersisa separuhnya. Terakhir, daun sukun direbus kedalam panci berisi 5 gelas air. Saring airnya lalu minum rebusan air daun sukun tersebut secara rutin.

Mencegah Kanker

Karena daun sukun di karuniai sifat anti-inflamasi atau anti peradangan oleh Tuhan, jangan Anda sia-siakan daun ini untuk terus hinggap dipohon. Anda bisa memanfaatkan daun ini untuk mencegah kanker yang suatu saat mungkin menimpa Anda.

Cara membuat ramuannya adalah dengan merebus satu lembar daun sukun yang sudah tua dan dicuci bersih kedalam panci yang sudah diisikan 5 gelas air, tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih, tambahkan 5 gelas air lagi dan tunggu kembali hingga mendidih. Terakhir, tambah 5 gelas air lagi, barulah disaring dan diminum airnya sampai habis.

Manfaat daun sukun untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati asam urat. Jika orang tua Anda yang mengalami asam urat, bantulah dengan obat herbal dari daun sukun, caranya cukup dengan menyeduh daun sukun yang sudah dikeringkan pada air panas satu gelas. Kemudian saring dan minum airnya secara rutin tiap hari.