Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Memiliki bekas luka di tubuh tentu merupakan hal yang membuat seseorang mengalami kurang percaya diri. Terlebih apabila bekas luka tersebut terletak pada daerah tubuh yang mudah terlihat seperti bagian wajah atau kaki. Biasanya, bekas luka pada kaki sering diakibatkan karena terkena knalpot atau kecelakaan.

Bagi seorang wanita, bekas luka merupakan suatu masalah besar yang wajib diatasi secepatnya agar tidak mengurangi kecantikannya. Ini sama kasusnya seperti memiliki bekas jerawat di wajah. Bagaimana cara mengatasi masalah bekas luka pada kulit? Berikut akan saya sajikan ulasan mengenai cara alami mengatasi bekas luka pada kulit.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka


Luka pada kulit yang tidak dirawat dengan benar pada akhirnya menimbulkan bekas seperti kemerahan, keputihan, kehitaman dan bahkan ada yang timbul serta kasar aktu dipegang. Hal ini tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri dan penampilan seseorang, apalagi jika bekas luka tersebut berada pada daerah yang mudah terlihat. Namun cara-cara alami berikut ini dapat membantu Anda menghilangkannya.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun


minyak zaitun
Cara pertama yang dapat anda anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Dalam dunia kecantikan, minyak zaitun merupakan bahan yang banyak digunakan karena manfaatnya yang memang tidak dapat diragukan lagi. Salah satu manfaat yang dapat kita ambil adalah untuk mengobati bekas luka. Caranya-pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka secara rutin setiap hari.

Cara menghilangkan bekas luka dengan putih telur


putih telur
Kemudian, cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan memanfaatkan putih telur ayam kampung. Caranya adalah dengan mencampurkan putih telur dari satu butir telur ayam kampung kemudian tambahkan satu sendok madu. Kocok hingga merata kemudian oleskan pada bekas luka. Lakukan hal tersebut setiap hari hingga bekas luka pudar dan menghilang. Selain dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bekas luka, putih telur ayam kampung juga banyak dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati jerawat.

Cara menghilangkan bekas luka dengan jeruk nipis


jeruk nipis
Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bekas luka adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis. Potonglah jeruk nipis kemudian ambil airnya. Ambil kapas kemudian masukkan kedalam air jeruk nipis tersebut. Setelah itu, angkat dan letakkan kapas basah tersebut diatas bekas luka dan biarkan hingga pori-pori kulit menyerapnya. Setelah kira-kira 15 menit, angkat kapas tersebut kemudian seka bekas luka tadi dengan menggunakan air hangat.

Lakukan treatment ini secara rutin hingga bekas luka pada kulit anda terlihat semakin memudar.

Cara menghilangkan bekas luka dengan pare


pare
Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun pare. Pare merupakan jenis sayur yang memiliki rasa pahit. Namun, disini yang dimanfaatkan bukanlah buahnya yang pahit melainkan daun dari tumbuhannya. Caranya-pun cukup sederhana yakni dengan menghaluskan daun pare yang sudah dicuci. Setelah itu, seduh daun yang sudah hancur tadi dengan menggunakan air hangat lalu tambahkan tepung beras secukupnya. Apabila teksturnya sudah kental, berarti ramuan tersebut sudah dapat digunakan.

Caranya adalah dengan membalurkannya diatas bekas luka kemudian biarkan hingga mengering. Jika sudah kering, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap hari hingga bekas luka hilang.

Cara menghilangkan bekas luka dengan mengkudu


mengkudu
Cara keempat adalah dengan memanfaatkan buah mengkudu. Perlu anda ketahui, bahwa buah mengkudu merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan aantioksidan dan kemampuan analgesik yang membuat buah ini mampu meregenerasi kulit secara optimal. Karena itulah, buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan sebagai buah yang dapat menghilangkan bekas luka.

Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menghaluskan buah mengkudu dengan cara diparut atau di blender. Setelah itu, oleskan mengkudu yang sudah halus tersebut diatas bekas luka dan diamkan selama 15 menit agar kandungannya dapat diserap oleh pori-pori. Sesudah itu, bersihkan menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan tersebut rutin sebanyak 2 hari sekali hingga bekas luka sudah terlihat pudar dan menghilang.

Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Lihat juga artikel sebelumnya tentang cara menghilangkan bekas cacar. Semoga dapat memberi banyak manfaat.

0 Response to "Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka"

Post a Comment