Cara Membuat Masker Rambut Alami

Rambut ibarat berlian alami yang menempel di kepala kita. Jadi tak heran jika setiap orang khususnya kaum hawa melakukan berbagai tindakan untuk merawat kesehatan rambutnya tanpa memikirkan berapa banyak uang yang harus dirogoh dari kantongnya. Bagi para artis ini merupakan sebuah kewajiban, apalagi model yang tiap harinya berpose di depan tustel untuk dijadikan pejengan pada cover majalah, pasti ini dianggap kebutuhan.

Di zaman yang serba instan ini sangat sedikit orang yang beralih ke sesuatu yang sifatnya alami, alasannya yaitu lamban dan butuh proses yang tidak sebentar. Tapi tahukah Anda bahwa sekarang ini sudah banyak produk perawatan rambut yang belum teruji khasiatnya? Jadi jika Anda salah dalam memilih produk jangan salahkan produsennya karena titik kesalahannya ada pada Anda, apakah Anda sudah mengenal jenis rambut Anda ketika ingin memakai produk-produk yang tidak jelas asal usulnya tersebut?

Cara Membuat Masker Rambut Alami


Oleh sebab itu pada kali ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit untuk Anda yang ingin lebih irit dalam melakukan perawatan rambut, apa itu? Masker rambut alami. Ya, tentu Anda masih awam dengan produk alami ini, jelas saja karena memang belum ada pemerhati kecantikan yang mencoba menggunakan pure bahan alami untuk membuat produk perawatan rambut, karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal butuh proses yang cukup lama. Untuk itu, disini saya ingin tekankan sekali lagi apakah Anda ingin memiliki rambut yang indah tetapi dengan proses perawatan yang kurang sehat? Lama-kelamaan tetap saja rambut Anda akan terserang berbagai masalah seperti kerontokan, ketombe, kutu, dan masih banyak lagi.
Rambut indah dan sehat
Rambut indah dan sehat berkat masker rambut alami
Berikut ini saya akan mengulas beberapa langkah dalam membuat masker rambut alami yang bisa dengan mudah Anda ikuti dan terapkan langsung ke rambut Anda, apa saja? Check it out.

Masker untuk Rambut Berminyak


Terlepas dari langkah pembuatan saya ingin menginfomasikan terlebih dahulu kepada Anda kalau dalam pembuatan masker ini sengaja saya buat khusus untuk menangani masalah yang berkaitan dengan rambut, yang pertama yaitu masker untuk rambut berminyak. Bahan dasarnya adalah jeruk nipis yang diperas dan airnya tersebut yang akan dikombinasikan dengan yoghurt tawar (plain).

Dengan jeruk nipis Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak yang membuktikan kalau si mungil ini mampu mengikat minyak alami pada rambut tanpa membuat rambut kering. Sedangkan yoghurt plain (tanpa rasa) ini berfungsi untuk menutrisi kulit kepala Anda dari dalam dan juga melembutkan serta membuat helaian rambut tampak berkilau dan sehat.

Bahan utama masker untuk rambut berminyak dari jeruk nipis:
  • Wadah kecil, bisa mangkuk atau teman-teman sejenisnya
  • Yoghurt plain (tanpa rasa)
  • Jeruk nipis (peras dan pisahkan airnya)

Cara pembuatan masker:
  1. Kombinasikan kedua bahan diatas (2 sdm yoghurt plain dan 1 sdm air perasan jeruk nipis) dengan cara memasukannya kedalam wadah yang telah disediakan, aduk hingga rata
  2. Usahakan sebelum melakukan perawatan ini, rambut masih lembab. Oleskan campuran tadi ke kulit kepala, pijat perlahan sekitar 3 menit. 
  3. Lalu keramas pakai shampoo dan diakhiri kondisioner ketika 10 - 15 menit sesudahnya
  4. Lakukan perawatan ini seminggu sekali

Masker Untuk Rambut Kering


Untuk rambut kering kita akan menggunakan pisang, mayonnaise plain, dan minyak zaitun sebagai bahan utama pembuatan maskernya.

Bahan utama pembuatan masker untuk rambut kering:
  • 1 buah pisang segar
  • 3 sdm mayonnaise tanpa rasa
  • 1 sdt minyak zaitun

Cara membuat masker:
  1. Campur rata semua bahan tersebut dan balurkan langsung ke rambut Anda ketika kondisinya kering (pastikan hanya mengoles di bagian batang rambut saja, jangan sampai terkena kulit kepala)
  2. Bungkus rambut dengan handuk hangat selama 15 - 20 menit. *Handuk hangat tujuannya adalah mempercepat proses penyerapan nutrisi dari masker rambut tersebut.
  3. Bersihkan dengan air hangat dahulu setelahnya baru keramas dan gunakan kondisioner setelah keramas pakai shampo

Masker Untuk Rambut Rontok


Rambut rontok menjadi perkara yang mengerikan di mata setiap orang, terutama wanita. Jika terlalu parah kerontokannya bisa-bisa menyebabkan kebotakan, untuk itu Anda bisa melakukan tindakan sedini mungkin dengan masker alami pencegah rambut rontok ini.

Bahan utama pembuatan masker:
  • Minyak sayur (2 sendok teh)
  • Alang-alang aromatherapy (10 tetes)

Cara pembuatan masker:
  1. Usapkan campuran kedua bahan diatas ketangan, setelah itu pijat perlahan setiap batang rambut Anda dan jangan menariknya kencang-kencang agar tidak rontok
  2. Setelah itu istirahatkan rambut selama 10 menit
  3. Terakhir bilas dengan keramas dan jangan lupa pemakaian kondisioner yang tepat adalah sehabis keramas agar rambut tidak kering dan bernutrisi

Itulah beberapa cara membuat masker rambut alami untuk mengatasi berbagai macam masalah yang paling sering dihadapi oleh berlian alami kita. Semoga setelah membaca artikel ini, masalah Anda yang berkaitan dengan rambut cepat teratasi dan Anda tidak malu lagi untuk bergaul dengan kawan-kawan di manapun.