Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak tentu bukanlah hal yang menyenaangkan bagi kita semua. Bukan tanpaa aalasan, nyatanya kulit berminyak akan dapat membuat penampilan wajah menjadi cepat kusam. Tak hanya itu saja, kulit berminyak juga lebih mudah mengalami jerawat.

Biasanya, kulit wajah yang berminyak ditandai dengan beberapa hal seperti terkelupasnya lapisan kulit tanduk pada wajah, bagian hidung terasa sangat berminyak dan pori-pori wajah yang berukuran besar.

Cara Merawat Kulit Berminyak


Bagi seorang remaja, tentu ini merupakan masalah besar yang harus segera dituntaskan. Bagaimana cara merawat kulit berminyak dengan benar? Berikut akan saya jelaskan rinciannya.

Jeruk Nipis

Cara yang pertama adalah memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki peran penting dalam dunia kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kulit yang berminyak. Caranya-pun sangatlah sederhana, yaitu potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, Buang bijinya kemudian gosokkan daging buah jeruk nipis ke seluruh bagian wajah kecuali mata dan bibir. Diamkan hingga mengering kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan ini rutin setiap hari. Selain menghilangkan minyak, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga berperan penting untuk membuat wajah tampil lebih cerah.

Masker Pisang

Cara yang berikutnya adalah dengan membuat masker pisang. Jika sebelumnya pisang dikonsumsi, kini pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan masker untuk mengatasi kulit berminyak. Bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat masker ini adalah 1 buah pisang berukuran besar, susu dan madu. Pertama, kupas pisang kemudian haluskan dengan cara dilumatkan menggunakan sendok. Kemudian campurkan susu dan madu kedalam pisang yang sudah halus tadi. Aduk hingga rata kemudian gunakanlah sebagai masker wajah. ketika sudah mulai mengering, bilaslah dengan menggunakan air hangat kemudian bilaslah lagi dengan air biasa. Lakukan kegiatan tersebut rutin setiap hari agar kulit berminyak anda terawat dengan baik.

Daun Seledri

Cara yang ketiga adalah dengan memanfaatkan daun seledri. Tak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan, daun seledri juga memiliki peran penting dalam dunia kecantikan. Salah satunya adalah merawat kulit yang berminyak. Caranya-pun sangat mudah yaitu cuci daun seledri kemudian irislah menjadi beberapa bagian. Masukkan potongan tersebut kedalam air mendidih kemudian diamkan hingga air beraroma daun seledri. Jika sudah mendidih, angkat dan diamkan hingga ramuan tersebut menjadi hangat. Gunakanlah air seledri hangat tersebut untuk mencuci wajah anda. lakukan kegiatan tersebut sebanyak 1 kali saja dalam 1 hari.

Buah Mentimun

Cara yang keempat adalah memanfaatkan buah ketimun. Tidak hanya enak saat dikonsumsi menjadi acar, buah mentimun juga baknyak memberi manfaat dalam dunia kecantikan. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan cara menghaluskan buah ketimun yang sudah dalam keadaan bersih. Jika sudah, bilas wajah anda dan lakukan kegiatan tersebut rutin sebanyak 2 kali dalam 1 minggu.

Air Garam

Cara terakhir yang dapat anda coba untuk merawat kulit berminyak adalah dengan menggunakan air garam. Cara membuat-nya yaitu dengan mencampurkan air hangat dengan garam. Setelah itu gunakanlah air campuran tersebut untuk membasuh wajah anda. Diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin pada jam yang sama disetiap harinya.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk merawat kulit berminyak pada wajah. Setelah mencoba tips diatas, kulit wajah anda akan menjadi lebih cerah, bebas minyak dan bebas jerawat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

1 Response to "Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak"

  1. memang kulit tuh harus bener-bener dirawat dan di jaga, bukan hanya cewek saja sih, cowok juga perlu. Tapi kalo menurut saya lebih baik perawatan kulit model terbaru tuh dengan yang alami saja dari pada menggnakan kosmetik sih hahaha

    ReplyDelete